Kalimantan Timur
Gubernur Serahkan 448 DIPA senilai Rp8,08 Triliun "Tidak Ada Alasan Terlambat"

Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim Midden Sihombing menyerahkan DIPA. (syaiful humasprov kaltim)

 

Gubernur Serahkan 448 DIPA senilai Rp8,08 Triliun "Tidak Ada Alasan Terlambat"

 

SAMARINDA – Tahun anggaran 2018 terdapat 448 daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) di Kaltim yang nilai keseluruhannya mencapai Rp8,086 triliun. DIPA diserahkan  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak juga alokasi anggaran organisasi perangkat daerah (OPD), alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa. “Saya minta tidak ada lagi pelaksanaan kegiatan 2018 yang terlambat,” kata Awang pada Penyerahan DIPA di Pendopo Lamin Etam, Rabu (13/12).

 

Menurut dia, DIPA diserahkan pada Desember sehingga awal Januari masing-masing OPD maupun kepala daerah sudah dapat memulai pelaksanaan kegiatan. Bagi Awang, tidak ada alasan terlambat sebab DIPA diserahkan sebelum masuk tahun pelaksanaan sehingga masing-masing pengguna anggaran bisa segera menyusun.

 

Gubernur sangat berharap tahun 2018 akan terjadi percepatan pelaksanaan kegiatan yang sudah ditetapkan dan disusun sesuai tahapan. “Pokoknya jangan ada terlambat lagi kegiatan. DIPA sebagai dasar bahwa duitnya sudah ada. Tinggal bagaimana komitmen pelaksanaan saja lagi,” tegas Awang Faroek.

 

Dia meminta segera tetapkan pejabat pengelola keuangan seperti PA, KPA dan PPTK, bendahara dan pengelola keuangan lainnya. “Sehingga awal Januari 2018 kegiatan pembangunan dapat dimulai dan penyerapan anggaran lebih optimal dan segera laksanakan dengan baik,” harapnya.

 

Sebanyak 448 DIPA yang diserahkan gubernur terdiri dari kewenangan kantor pusat  27 DIPA senilai Rp2,133 triliun, kewenangan kantor daerah 362 DIPA senilai Rp5,676 triliun.  Selain itu, kewenangan dekonsentrasi 47 DIPA senilai Rp125,174 miliar dan kewenangan tugas pembantuan 12 DIPA senilai Rp151,299 miliar.

 

Secara simbolis diserahkan DIPA bagi satuan kerja yang ada di Kaltim diantaranya KPA Setdaprov Kaltim, BPK, Kejati, Makodam VI Mulawarman dan Pengadilan Tinggi.Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kaltim, Korem 091 ASN, Unmul, Polda Kaltim, Kanwil Ditjen Pajak Kaltim dan Kanwil Kementerian Agama Kaltim.

 

Mendampingi gubernur menyerahkan DIPA, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kaltim Midden Sihombing. Tampak hadir kepala daerah baik bupati maupun walikota, para asisten, staf dan tenaga ahli gubernur, pimpinan OPD lingkungan Pemprov Kaltim dan instansi vertikal, pejabat Kodam VI Mulawarman, Korem 091 ASN dan Polda Kaltim. Kegiatan dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada Kaltim serta kabupaten/kota maupun OPD berkinerja terbaik. (yans/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait