Kalimantan Timur
Gubernur Siap Bantu LVRI Bangun Monumen Bung Karno

 

SAMARINDA - Sebagai bentuk perhatian Pemprov Kaltim terhadap jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang tergabung di Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kaltim, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak siap membantu LVRI Kaltim untuk membangun monumen Bung Karno dan Bung Hatta di depan Kantor LVRI di Gedung Joang '45 Samarinda.

 

Juru Bicara (Jubir) Gubernur Hendro Prasatyio mengatakan, pembangunan ini penting dilakukan, agar bisa menjadi motivasi pembelajaran bagi generasi muda yang berkunjung ke Kantor LVRI. "Gubernur Awang Faroek berharap gedung yang dimiliki LVRI bisa menjadi obyek pembelajaran, sehingga pengetahuan generasi muda, khususnya para pelajar dan mahasiswa untuk mengenal sejarah perjuangan bangsa semakin tinggi," kata Hendro Prasatyio di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (30/4). 

 

Selain membangun pengetahuan generasi muda terhadap sejarah perjuangan bangsa, terutama sejarah perjuangan para pejuang kemerdekaan negara di Kaltim, juga membangun semangat patriotisme dan nasionalisme agar tetap semangat mempertahankan keutuhan NKRI.

 

Karena itu, selain monumen Bung Karno dan Bung Hatta, Gedung LVRI di Jalan Harmonika Samarinda akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, agar masyarakat terutama generasi muda selalu berkunjung ke gedung tersebut. Contohnya, foto-foto sejarah  perjuangan bangsa ini, sehingga menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam berjuang mempertahankan keutuhan NKRI. "Artinya, veteran mampu memberikan inspirasi bagi kemajuan bangsa saat ini atau menjadi teladan generasi muda," jelasnya.

 

Mengenai pembangunan monumen ini, Hendro meyakinkan tahun ini bisa terbangun. Sehingga, ketika akhir masa jabatan Gubernur Awang Faroek Ishak, ada kenang-kenangan yang diberikan Gubernur selain gedung LVRI juga monumen Bung Karno dan Bung Hatta. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait