Kalimantan Timur
Gubernur Video Conference dengan Rudiantara

Menkominfo Siap Resmikan On Air Telekomunikasi Perbatasan

SAMARINDA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dipastikan siap meresmikan berfungsinya lima menara telekomunikasi  di kawasan perbatasan Kaltim dan Kaltara, yang dijadwalkan pada Senin (15/12) di Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu.

Bahkan pada persesmian tersebut juga dijadwalkan perbincangan jarak jauh (video conference/Vicon) yang dilakukan Menkominfo Rudiantara dari Tiong Ohang dengan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dan jajaran Pemprov Kaltim di Lamin Etam, Samarinda serta Penjabat Gubernur Kaltara, Dr H Irianto  Lambrie di Tanjung Selor.

Bukan itu saja, jika memungkinkan Vicon juga dilakukan bersama Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Kabinet Kerja yang pada saat bersamaan berada di Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Guna memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar, jajaran Pemprov Kaltim bersama Telkom serta sejumlah pihak terkait melakukan pertemuan yang dipimpin Asisten IV Setprov Kaltim, Dr Meiliana, di ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur, Selasa (9/12).

Dalam kesempatan itu, Meiliana minta semua pihak yang terlibat dalam pesesmian tersebut benar-benar menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, karena berkaitan dengan kelancaran Vicon.

Terutama jajaran PT Telkom yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan Vicon serta memastikan bahwa sejumlah perangkat komunikasi yang digunakan  berfungsi benar, sehingga pada saat pelaksanaan tidak ada gangguan.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas tentang kesiapan sarana transportasi untuk mencapai lokasi peresmian yang hanya bisa ditempuh lewat jalur sungai dan udara. Pada kegiatan ini, yang paling memungkinkan untuk mencapai lokasi dalam waktu singkat adalah angkutan udara menggunakan helikopter.

“Kita akan siapkan setidaknya dua unit helikopter untuk sarana transportasi sejumlah pejabat yang akan menghadiri peresmian ini, antara lain, Menkominfo, Wakil Gubernur Kaltim, H Mukmin Faisyal HP, Pangdam VI Mulawarman, sejumlah Dirjen, Plt Sekprov, beberapa kepala dinas terkait jajaran petugas Biro Humas dan Protkol serta wartawan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim H Abdullah Sani mengatakan, semula jadwal peresmian berfungsinya lima menara Telkom ini adalah pada 13 Desember 2014, namun diundur menjadi 15 Desember, sehingga masih ada waktu untuk melakukan persiapan.

Dia menyebutkan lima menara telkom tersebut, terdiri atas tiga tower di wilayah Kaltim dan sisanya berada di Kaltara dan semuanya siap berfungsi, sehingga warga perbatasan dapat berkomunikasi.

“Kita bersyukur apa yang kita tergetkan, yakni bisa berfungsi sebelum perayaan Natal menjadi kenyataan, sehingga warga perbatasan yang selama ini terisolir soal komunikasi sudah bisa diatasi,” kata Abdullah Sani.

Menurut dia, peresmian memang dipusatkan di Tiong Ohang, karena bangunan tower jaraknya lebih dekat dengan lokasi peresmian, Rencananya Menkominfo meninjau menara, setelah peresmian.

Lima menara yang akan diresmikan adalah satu menara di Desa Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, satu menara di Desa Long Apari, Kecamatan Long Apari dan satu menara berada di Desa Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangay. Ketiganya berada di Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim.  

Sedangkan dua menara berada di wilayah Kaltara masing-masing satu menara di Desa Agung Baru, Kecamatan Sungai Boh, Kabupaten Malinau dan satu menara di Desa Long Layu, Kecamatan Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan. (santos/sul/hmsprov).

 

////FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono saat mengunjungi Tiong Ohang Long Apari beberapa waktu lalu.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait