Kalimantan Timur
Guru Dilatih MIS

SAMARINDA – Tidak ada lagi alasan bagi profesi guru di zaman yang sudah semakin modern ini tidak mengenal dan tidak bisa mengoperasikan komputer. Pemerintah pun memberikan bantuan laptop, bahkan mengenalkan Management Information System (SIS) agar para guru tidak gagap teknologi (gaptek).
Hal tersebut juga mendapat perhatian Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kaltim yang pada Rabu (13/3) lalu menggelar Pelatihan MIS dengan melibatkan sejumlah guru  dan Pengasuh Bina Anaprasa (setingkat PAUD dan TK) yang berasal dari Samarinda dan Kutai Kartanegara.
”Peran guru sangat penting dalam rangka menyiapkan anak secara berkualitas. Karena itu SDM guru atau pengasuh perlu ditingkatkan agar mereka terampil dan mampu mengikuti perkembangan teknologi,” kata Direktur Eksekutif PKBI Kaltim Drs Sumadi A MSi.
Alasan mendasar mengapa pelatihan MIS tersebut dilaksanakan ujar Sumadi adalah, karena terdapat 30 guru atau pengasuh dari 116 guru atau pengasuh Bina Anaprasa PKBI di Kukar mendapatkan fasilitas laptop dari Pemerintah setempat. Sementara itu, Pemkab Kukar dalam upaya meningkatkan SDM guru, memprogramkan 13 ribu laptop gratis.
 ”Laptop itu harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah,” ujar Sumadi.
Sehubungan dengan itu dihadirkanlah instruktur PKBI Pusat, Jamaluddin Falah dan instruktur Daerah yang memiliki pengalaman dalam memandu berbagai pelatihan. Sehari penuh, para peserta mengikuti pelatihan dengan mendapatkan materi tentang  Windows, Microsoft Word 2007, panduan Microsoft Excel dan mengenal Internet.
Diharapkan, dengan pelatihan tersebut para guru atau pengasuh akan memiliki kemampuan memadai mengenai komputer yang pada gilirannya akan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja dan kompetensi para guru dalam memberikan bimbingan dan pengajarannya pada anak didik.(*/hmsprov).

//Foto: TIDAK GAPTEK. Suasana pelatihan MIS di PKBI Kaltim (dok/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait