Kalimantan Timur
HMT Tingkatkan Produktivitas Sapi

SAMARINDA – Hijauan Makan Ternak (HMT) memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan hewan ternak, terutama dalam meningkatkan produktivitas ternak besar (ruminansia) baik sapi, kerbau maupun kambing.
Menurut Plt Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya, berbagai jenis rumputan yang merupakan HMT dapat dikembangkan para petani peternak guna mencukupi kebutuhan pakan ternak yang berkualitas.
“Semestinya para petani peternak mengembangkan jenis-jenis rumput unggul untuk pakan ternak. Kita setiap pengadaan bantuan ternak selalu disertai bantuan bibit HMT. Sebab ada 18 jenis rumput unggul yang sudah dikembangkan dan tumbuh baik di Kaltim yang berarti sudah beradaptasi dengan alam daerah kita,” jelas H Dadang Sudarya usai mengunjungi Kelompok Tani Ternak Harapan Baru Desa Makroman, Selasa (9/4).
Sebab, rumput unggul itu memiliki kualitas gizi lebih bagus, sehingga pertumbuhan dan produktivitas ternak  semakin baik. Bahkan, pola penanaman dan pemeliharaannya tidak terlalu sulit namun tetap disesuaikan dengan jenis rumputnya.
Ada  jenis rumput yang hanya tumbuh di daerah basah/rawa, daerah kering/berbukit maupun dataran/tahan injakan. Diantaranya, rumput Gajah (Pennisetum purpureum), rumput Raja (King Grass/ Pennisetum purpureum) dan rumput Benggala (Panicum maximum), Setaria dan Brahiaria serta Pueraria (jenis kacang-kacangan/legume) dan Mexicana.
Sedangkan pola tanamnya tidak sulit, misalnya rumput King Grass sama seperti menanam Tebu dengan masa tanam (panen) pada umur tanam 60 hari (dua bulan). Berikutnya dapat dipanen pada pada umur tanam 40 (musim kering) bahkan 30 hari (musim hujan).
Saat ini sudah banyak petani yang mengembangkan HMT khususnya untuk jenis rumput unggul di Samboja dan Palaran. Termasuk pengembangan di  UPTD Balai Pembibitan dan Imseminasi Buatan (BPIB) Api-Api di Penajam Paser Utara.
“Peternak yang ingin mendapatkan bibit rumput unggul untuk HMT ternak ruminansia ini sudah banyak dikembangkan para petani bahkan Disnak Kaltim melalui UPTD BPIB di Desa Api-Api juga menyediakan bibit, silahkan saja berkoordinasi,” ujar Dadang Sudarya.
Dadang berharap agar petani mulai memberdayakan lahan sekitar ternaknya untuk menanam rumput unggul HMT guna memenuhi nutrisi ternaknya. Selain memanfaatkan  limbah perkebunan seperti kulit kakao, pelepah sawit dan kulit kopi serta biji randu termasuk daun nangka, daun dan pelepah pisang serta pucuk tebu. (yans/hmsprov)

///Foto  : Plt Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya menyaksikan Ketua Kelompok Tani Ternak Harapan Baru Desa Makroman Junaidi mempraktekkan cara menanam HMT jenis Kingres.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait