Inovasi SKPD Sukseskan Hilirisasi Daerah

Inovasi SKPD Sukseskan Hilirisasi Daerah

 

SAMARINDA - Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim dituntut melakukan inovasi daerah untuk menyukseskan hilirisasi produk. Hilirisasi akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Contoh pengembangan buah naga, bawang tiwai dan lahan pasca tambang batu bara serta kelapa sawit.

Pengembangan perlu sinergitas semua SKPD terkait. Dengan inovasi di tiap SKPD itu, maka ke depan pengembangan hilirisasi akan menjadi kewajiban masing-masing SKPD.

“Hilirisasi ini bukan hanya Gubernur yang berperan aktif, tetapi seluruh SKPD. Meski demikian, sebagai badan yang menangani penelitian dan pengembangan daerah Balitbangda sudah melakukan berbagai upaya. Misalnya, koordinasi dan penelitian tentang pengembangan produk-produk unggulan daerah. Selanjutnya SKPD terkait dapat berinovasi untuk mengembangkannya,” kata Kepala Balitbangda Kaltim Dwi Nugroho Hidayanto di Kantor Balitbangda Kaltim, Rabu (6/1).

Selain melakukan inovasi produk unggulan, lahan pasca tambang juga diharapkan mampu menjadi lahan produktif untuk peningkatan ekonomi masyarakat yang merupakan bagian dari pengembangan hilirisasi melalui sektor pertambangan batu bara. Contohnya dapat menjadi keramba ikan atau menjadi obyek wisata.

Meski demikian, saat ini sudah banyak produk-produk unggulan yang telah dikembangkan masyarakat. Hanya saja, belum semua berkembang hingga go internasional. Karena itu, pengembangan hilirisasi perlu adanya inovasi yang kreatif dari SKPD terkait, sehingga produk unggulan daerah dapat dikemas dengan baik dan menjadi nilai tambah yang menjanjikan.

“Selanjutnya, untuk mengembangkan hilirisasi ini, maka perlu adanya penyebarluasan atau informasi kepada masyarakat, bahwa Kaltim memiliki keunggulan yang khas. Contoh, tanaman jelai. Produk ini sudah dikenal di Kaltim, tetapi belum popular, sehingga perlu penguatan koordinasi. Sehingga hilirisasi yang dibangun daerah dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation