Kalimantan Timur
Kabupaten/Kota Harus Rekrut Tenaga Arsiparis

 

Kabupaten/Kota Harus Rekrut Tenaga Arsiparis

 

SAMARINDA – Seorang arsiparis memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung terwujudnya pemerintahan yang bersih dan terselenggaranya reformasi birokrasi dengan baik. Namun, jumlahnya sangat memprihatinkan dimana Kaltim baik provinsi maupun kabupaten dan kota hingga saat ini baru memiliki 40 tenaga arsiparis. Karenanya, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim segera membuatkan instruksi gubernur.

 

“Saya minta dinas segera buatkan instruksi gubernur terkait recruit (pengadaan) tenaga arsiparis di setiap instansi pemerintah,” katanya, Senin (15/1). Seorang arsiparis memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mendukung terselenggaranya disiplin atau tertib adminstrasi pemerintahan. Selain, bertupoksi mengarsipkan dokumen dan surat menyurat juga memiliki kewajiban menyimpan risalah-risalah yang berkaitan dengan arsip sejarah daerah dan perjuangan.

 

Karenanya, gubernur meminta semua dinas dan instansi pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota harus aktif arsiparisnya. “Arsiparis bukanlah orang buangan. Sebaliknya, sangat penting dan strategis dalam mendukung terwujudnya tertib administrasi dan pengelolaan aset-aset daerah termasuk menyimpan dokumen sejarah,” harapnya.

 

Dia menambahkan pengelolaan arsip memiliki dasar hukum yang jelas (undang-undang negara) dan harus ditaati atau diterapkan dalam kegiatan pemerintahan. Adapun 40 arsiparis tersebar di lembaga arsip daerah (LAD) Kaltim 24 arsiparis dan sisanya terbagi di empat daerah seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Kutai Kartanegara. (yans/sul/humasprov) 

 

Berita Terkait