Kalimantan Timur
Kaltim Beri Jaminan Keamanan Kepada Investor

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak terus berusaha meyakinkan investor dan para calon investor, bahwa Kaltim merupakan daerah aman untuk berinvestasi. Kehadiran investor sangat diharapkan sebab Kaltim masih menyimpan potensi sangat besar untuk dikembangkan.
"Tugas pemerintah adalah memediasi kemungkinan terjadinya konflik dan mengamankan investor yang menanamkan modalnya di daerah ini," kata Gubernur Awang Faroek di Balikpapan, baru-baru ini.
Pemerintah akan melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan berbagai konflik yang mungkin terjadi di masyarakat, khususnya terkait dengan sengketa lahan antara masyarakat dan perusahaan.
Tidak bisa dipungkiri, pembangunan daerah sangat membutuhkan partisipasi swasta dan investasi.  Pembangunan Kaltim akan berjalan sesuai harapan, jika swasta dapat memberi kontribusi yang jelas dalam proses pembangunan yang direncanakan pemerintah.  
”Kaltim  sangat terbuka bagi masuknya peran-peran swasta dalam pembangunan daerah. Sejumlah program pembangunan tidak akan berjalan maksimal tanpa keterlibatan swasta,” tegas Awang.
Orang nomor satu Kaltim  yang kembali terpilih dalam pemilihan gubernur September lalu itu memberi  tiga jaminan kepada para investor yang akan menanamkan investasi ke Kaltim. Tiga garansi itu adalah stabilitas keamanan, penegakan hukum dan kemudahan bagi investor dalam pelayanan perijinan.  
Potensi yang besar sangat memungkinkan investasi  besar hadir ke Kaltim seiring kemajuan daerah yang masih potensial untuk berkembang. Stabilitas keamanan sangat penting untuk menarik investasi. Pemerintah pun akan lebih tenang melaksanakan peran masing-masing," ujarnya.
"Belum lama ini saya melakukan kunjungan kerja  ke Rusia. Di sana saya juga menyakinkan para pengusaha Rusia untuk berinvestasi di sini. Saya katakan bahwa Kaltim sangat prospektif dan sangat kondusif untuk investasi," ujarnya.  (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait