Kalimantan Timur
Kaltim Dapat Penghargaan ORI, Pelayanan Publik Terus Ditingkatkan

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Fareok Ishak mengharapkan, keberhasilan Pemprov  Kaltim meraih piagam kepatuhan standar pelayanan publik tertinggi sesuai UU Nomor 25 tahun 2009 dari Ombusman Republik Indonesia (ORI), dapat dijadikan pendorong semangat dan kinerja seluruh  SKPD dan  kabupaten/kota dalam meningkatkan pelayanan publik.

"Keberhasilan yang kita peroleh dari hasil penilaian ORI merupakan bukti bahwa kita telah memberikan pelayanan yang maksikmal kepada masyarakat, dan apa yang telah dikerjakan tersebut tinggal dipertahankan dan ditingkatkan," kata Awang, Jumat (9/12).

Menurutnya pelayanan yang telah diberikan melalui SKPD masing-masing seperti bidang kesehatan, pendidikan maupun pelayanan publik yang lain juga sudah bagus, dan itu memang sudah dirasakan masyarakat, bukan saja d iperkotaan tetapi juga di pedesaan, pedalaman dan daerah perbatasan.

“Pola-pola lama yang masih lamban dalam pemberian pelayanan pada masyarakat segera diganti dengan  pola yang baru yang lebih efisien dan transparan, apalagi sekarang era teknologi informasi  yang dapat dimanfaatkan dengan baik,” tegas Awang.

Seperti diberitakan sebelumnya, ORI telah melakukan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik terhadap pelayanan publik, partisipasi publik, inovasi pelayanan publik, penguatan kapasitas dan efektifitas pengawasan, yang telah dilakukan sejak 2013 lalu, untuk 2016 ini ORI  telah melakukan penilaian standar pelayanan publik terhadap 25 kementerian, 15 lembaga, 33 provinsi dan 140 pemerintah kabupaten/kota.

Hasil penilian yang dilakukan  ORI pada periode Maret-Oktober 2016. Untuk pemerintah daerah, ORI memberikan penghargaan  kepada 16 kota, 15 kabupaten dan 13 provinsi se Indonesia, Kaltim menerima predikat kapatuhan tertinggi tingkat pelayanan publik dengan 44 katagori  penilian dengan zona hijau (zona tinggi).

Penerimaan penghargaan sertifikat tertinggi kapatuhan dalam standar pelayanan publik diserahkan langsung Ketua ORI Prof Amzulian Rifai dan diterima Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, di Hotel Borubodur Jakarta, Rabu (7/12).(mar/humasprov)

Berita Terkait