Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah HSP se Indonesia

Presiden SBY Dijadwalkan Hadir

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan Kaltim siap menjadi pelaksana puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) se-Indonesia yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 28 Oktober 2013.  
Pelaksanaan puncak peringatan HSP ini akan dipusatkan di Komplek Stadion Utama Palaran Samarinda. Peserta diperkirakan mencapai 1.440 orang yang berasal dari 33 Provinsi di Indonesia, 10 Negara Asean dan dua non Asean, yang masing-masing diwakili 32 peserta.  
“Kaltim siap melaksanakan kegiatan ini. Apalagi Presiden akan datang dalam pelaksanaan tersebut. Karena itu, saya berharap seluruh pihak dapat terlibat dalam pelaksanaan ini, termasuk DPRD Kaltim, SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan seluruh unsur kepemudaan di Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak usai memimpin rapat koordinasi persiapan HSP se-Indonesia di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (16/7).
Gubernur berharap agar Kaltim mampu menjadi tuan rumah yang baik. Karena itu, SKPD terkait diminta agar  mempersiapkan sedini mungkin lokasi pelaksanaan acara, termasuk perbaikan terhadap sarana-sarana yang kurang layak atau tidak memadai.
Selanjutnya, dengan persiapan yang matang, diharapkan Presiden SBY berkenan hadir. Apalagi, Kaltim juga pernah menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XVII dan ketika itu juga dibuka Presiden SBY.
“Koordinasi juga akan kami lakukan dengan pihak Sekretariat Negara dan Kementerian Pemuda dan Olahraga tentang kesediaan PresidenSBY untuk hadir. Apalagi, agenda ini juga bertepatan dengan keinginan Presiden untuk hadir dalam meresmikan beberapa proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim, antara lain pengembangan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Trans Kalimantan Ekonomi Zone di Kutai Timur, Powerplan 2x41 megawatt di Senipah, Kutai Kartanegara dan 2x15 megawatt di Kariangau, Balikpapan dan proyek-proyek yang lainnya,” jelas Awang.
Sementara itu, Deputi Menteri Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Dr H Alfitra Salam mengaku senang dengan kesedian gubernur untuk menjadikan daerah ini sebagai tuan rumah.
“Kami berterima kasih kepada Gubernur Awang Faroek Ishak yang telah mendukung rencana kegiatan ini. Apalagi, gubernur sangat berharap seluruh pemuda berperan aktif dalam kegiatan ini. Kami bangga kepada Gubernur Awang Faroek karena memiliki perhatian besar terhadap pemuda,” jelasnya.
Puncak peringatan Sumpah Pemuda akan dirangkai dengan pengibaran Bendera Merah Putih ukuran 1.500 meter persegi yang akan dilakukan atlet panjat tebing profesional di Indonesia. (jay/hmsprov).

////Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Asisten III H Bere Ali, Deputi Menteri Bidang Pemberdayaan Pemuda H Alfitra Salam dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Sigit Muryono memimpin rapat kesiapan Kaltim sebagai tuan rumah puncak Peringatan Nasional Sumpah Pemuda 2013 (fajar/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation