Kalimantan Timur
Kebersamaan TNI Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Masyarakat

Sosialisasi Aster Panglima TNI

SAMARINDA - Kebersamaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama rakyat diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan masyarakat. Silaturahim TNI bersama tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar di daerah yang dirangkai dengan sosialisasi wawasan kebangsaan dinilai sangat tepat. 

Hal ini pun dilakukan jajaran Korem 091/ASN dengan menggelar Komunikasi Sosial TNI dengan Komponen Masyarakat yang dihadiri Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G, Jumat (7/11).

“Kegiatan seperti ini sangat penting dilakukana agar wawasan kebangsaan masyarakat, terutama para pelajar lebih baik. Karena itu, Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Korem 091/ASN,” kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP usai menghadiri kegiatan tersebut.

Kegiatan semacam ini perlu lebih banyak dilakukan demi menumbuhkan wawasan kebangsaan yang lebih baik di kalangan masyarakat, pelajar dan mahasiswa. Melalui peningkatan wawasan kebangsaan tersebut diharapkan generasi muda di daerah mendapatkan bekal, sehingga mampu menjadi warga negara yang baik.

“Saya yakin melalui sosialisasi seperti ini masyarakat maupun pelajar memahami bagaimana berprilaku dengan baik dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Menurut dia, dengan adanya peningkatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda adalah untuk mengurangi tindakan yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat. Misal, penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas, serta tawuran antar pelajar, mahasiswa maupun antar masyarakat.

Apalagi, sambung dia, dengan adanya kebijakan publik yang dilakukan pemerintah pusat baru-baru ini diharapkan tidak menggangu stabilitas keamanan di daerah.

“Melalui peningkatan wawasan kebangsaan tersebut diharapkan tidak ada konflik yang terjadi di daerah. Karena apa yang dilakukan pemerintah tentu memiliki kajian dan pertimbangan untuk kemajuan bangsa dan Negara ini,” jelasnya.

Sementara itu, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G mengatakan silaturrahim yang dilakukan bersama komponen masyarakat di daerah bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan komponen masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, mahasiswa dan pemuda.

“Seluruh komponen bangsa harus dapat menyikapi segala perbedaan dengan jangan mencari dan menonjolkan perbedaan yang ada tetapi sebaiknya mencari persamaan dan kebersamaan untuk kebaikan semua,” jelasnya.

Menurut dia, semua komponen masyarakat harus menyadari, mulai dari diri sendiri, orang tua, sekolah dan masyarakat secara bersama-sama, bekerjasama membangun karakter individu anak bangsa. Karena itu, peran orang tua sangat dominan dan menentukan dalam menanamkan dasar pembentukan karakter anak demi kemajuan bangsa dan Negara di masa akan datang.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono mengatakan peningkatan wawasan kebangsaan bagi masyarakat, terutama kepada pelajar dan mahasiswa di Kaltim melalui sosialisasi dari Aster Panglima TNI bertujuan agar bisa memahami kondisi perkembangan bangsa ini.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap masyarakat dan para pelajar, mahasiswa serta pemuda di daerah dapat meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan Negara, sehingga semangat kesatuan dan persatuan bangsa dan Negara dapat tertanam dalam diri kita semua” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

//Foto: KOMUNIKASI SOSIAL. Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP (tengah batik merah) berdampingan dengan Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G dan para tokoh peserta pertemuan. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait