Kalimantan Timur
Kemenpora Apresiasi Dispora Bina Pemuda Disabilitas

Gatot Dewa Broto (duduk baju batik) dan Meiliana bersama Forum Pemuda Disabilitas Kreatif. (ist)

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kaltim terus melakukan upaya pembinaan berupa penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan bagi pemuda disabilitas. Atas kinerjanya itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi dan berharap  terus dilakukan pendampingan dan pembinaan agar terus berkarya dan kreatif. Apresiasi pusat itu disampaikan Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto saat berkunjung di Sekretariat Forum Pemuda Disabilitas Kreatif Samarinda, Senin (9/7).

Menurut dia, apa yang dilakukan Dispora Kaltim sudah benar kepada semua kelompok pemuda dari semua golongan dengan prinsip non diskriminasi, tidak ada pengecualian. “Generasi muda merupakan penerus perjuangan bangsa yang wajib dipersiapkan agar mereka memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan,” katanya.

Tujuan pembangunan bidang kepemudaan agar terwujud pemuda beriman dan taqwa, berahlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, berdaya saing dan berrtanggungjawab “Bagaimanapun mereka adalah generasi muda yang wajib disiapkan agar mandiri dan terlibat membangun Kaltim,” ungkapnya.

Sementara itu  Pj Sekreatris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan penyandang disabilitas memiliki hak khusus namun masih banyak yang belum terpenuhi. “Selain masalah fasilitas umum, penyandang disabilitas juga masih sulit mendapatkan pekerjaan. Terlebih mereka kurang mampu dan tidak berpendidikan sehingga pasrah menerima diskriminasi ini,” ujarnya.

Karenanya, upaya Dispora Kaltim memfasilitasi pemuda disabilitas dalam satu wadah berupa Forum Pemuda Disabilitas Krestif perlu didukung dan diapresiasi semua pihak. Hadir mendampingi Sesmenpora, Kepala Dispora Kaltim HM Syirajudin dan Kabid Pemuda Hj Hardiana Muryani serta pimpinan instansi terkait. (yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait