Kalimantan Timur
Korban Banjir Diminta Tetap Sabar

SAMARINDA-Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy menyampaikan keprihatinannya atas terjadinya musibah banjir di Samarinda. Farid berharap masyarakat yang tertimpa musibah bersabar menghadapi cobaan ini dan menyikapi musibah ini dengan arif. ”Siapapun tidak menginginkan musibah ini terjadi. Karena itu, perlu kesabaran  dan ketabahan. Atas nama Pemprov Kaltim, saya menyampaikan keprihatinan atas musibah ini,”  kata Wagub Kaltim H Farid Wajdy di ruang kerjanya, Rabu (30/1).Musibah banjir lanjut Farid, bisa terjadi selain karena faktor alam, juga bisa disebabkan oleh faktor manusia akibat  membuang sampah bukan pada tempatnya sehingga drainase menjadi tersumbat  tumpukan sampah.

Karena itu, Wagub mengimbau seluruh masyarakat  untuk meningkatkan kedisiplinan, terutama dengan perilaku tertib membuang sampah.  Antisipasi banjir selanjutnya akan dilakukan dengan melakukan dengan membenahi berbagai infrastruktur yang akan mendukung upaya mengatasi banjir. 

”Sudah seharusnya masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan tidak boleh sampah dibiarkan berserakan menyumbat  drainase karena efeknya akan merusak lingkungan  sungai dan menyebabkan banjir,” tegas Farid. Untuk diketahui, Pemprov Kaltim telah memberikan bantuan kepada Pemkot Samarinda untuk penanganan banjir di sejumlah titik yang menjadi langganan banjir. Sejak 2011 hingga 2013, setidaknya nilai bantuan yang telah diberikan  mencapai Rp605 miliar. (sar/hmsprov).

Berita Terkait