Kalimantan Timur
Meiliana Dipercaya Jadi Plt Sekprov

Gubernur Awang Faroek, Meliana dan Rusmadi pada satu kesempatann. (DOK/HUMASPROV)

 

Meiliana Dipercaya Jadi Plt Sekprov

 

SAMARINDA - Menyusul keputusan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Rusmadi maju dalam kontestasi politik pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018, Gubernur Awang Faroek segera menunjuk Hj Meiliana untuk mengisi posisi pelaksana tugas (Plt) Sekprov Kaltim.

 

Langkah cepat diambil Gubernur Awang Faroek Ishak setelah Rusmadi resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Rabu sore (10/1). Rusmadi maju menjadi calon gubernur berpasangan dengan Safaruddin, mantan Kapolda Kaltim.  

 

"Saya restui Pak Rusmadi maju di Pilgub Kaltim. Dan sejak Rabu, 10 Januari 2018, saya menunjuk Hj Meiliana menjadi Plt Sekprov Kaltim," kata Gubernur Awang Faroek didampingi Karo Humas Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu, Rabu (10/1). 

 

Selain mendapat kepercayaan mengisi jabatan Plt Sekprov Kaltim, saat ini Meiliana juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim. Langkah ini diambil kata Gubernur agar tidak terjadi kekosongan jabatan, sehingga pelayanan publik dan kerja-kerja pemerintahan bisa berlangsung seperti biasa.

 

"Kita hargai keputusan Pak Rusmadi untuk maju dan melanjutkan pembangunan Kaltim. Sedangkan penunjukan Bu Meiliana, dimaksudkan agar tidak terjadi kekosongan jabatan Sekprov sehingga kerja-kerja pemerintahan dan pelayanan publik tetap berjalan normal," sebut Awang. 

 

Selanjutnya, setelah ada surat pengunduran diri Rusmadi, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim akan segera menyampaikan kepada Kemendagri, bahwa Rusmadi telah resmi mengundurkan diri dan mengajukan berhenti dari jabatan Sekprov Kaltim. Proses ini juga untuk membantu memudahkan pencalonan Rusmadi maju sebagai kandidat gubernur Kaltim karena menjadi salah satu persyaratan. 

 

Sebelum memutuskan maju dalam persaingan Pilgub Kaltim 2018, Rusmadi mendapat amanah untuk menduduki jabatan Sekprov Kaltim berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 8/TPA Tahun 2016 tanggal 28 Januari 2016. Pelantikan Rusmadi menjadi Sekprov Kaltim dilakukan oleh Gubernur Awang Faroek Ishak pada Rabu, 10 Februari 2016. 

 

Gubernur Awang Faroek juga memberikan kepercayaan kepada Rusmadi untuk mengisi posisi Plt Sekprov Kaltim sejak 3 Mei 2013 menyusul penunjukan Irianto Lambrie (Sekprov Kaltim saat itu) menjadi Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dimaka akhirnya Irianto Lambrie sukses terpilih menjadi Gubernur Kaltara definitif. Saat menjadi Plt Sekprov Kaltim, Rusmadi juga masih menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim. (jay/sul/humasprov)

    

 

Berita Terkait