Kalimantan Timur
Memeriahkan HUT ke-61 Provinsi Kaltim Gelar Lomba Hafidz Al Quran

Meiliana

 

Memeriahkan HUT ke-61 Provinsi Kaltim Gelar Lomba Hafidz Al Quran 

 

SAMARINDA - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Provinsi Kaltim tahun 2018, panitia peringatan akan menyelenggarakan berbagai kegiatan,  salah satu diantaranya adalah  pelaksanaan lomba Hafidz  Al Quran, 10, 20 dan 30 juz.

 

Ketua Umum Panitia HUT Provinsi Kaltim, Hj Meiliana menjelaskan panitia akan melaksanakan lomba Hafidz Al-Quran untuk 10, 20 dan 30 juz. Lomba hafidz ini merupakan keinginan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang bertujuan agar kegiatan ini memupuk generasi muda berjiwa Qur’ani sejak dini. Karena  penanaman mental Qur’ani sangat dibutuhkan  dalam menyiapkan generasi bangsa yang agamis, scientis dan reformis. 

 

Dikatakan, di era informasi teknologi yang amat cepat seperti saat ini alangkah indahnya jika kita juga cepat mempersiapkan generasi muda kita dalam berbagai aspek kehidupan utamanya aspek penanaman nilai-nilai Qur’ani dalam jiwa generasi muda agar mereka kuat dalam fikirannya untuk membentengi diri dari hal-hal yang bertentangan dengan agama.

 

"HUT Provinsi Kaltim harus menjadi momentum   untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi para  hafidz dan hafidzah di Kaltim," kata Meiliana. Dia juga mengharapkan  dari lomba hafidz Al Quran yang akan diselenggarakan nanti bermunculan para penghafal yang andal dan dapat mengharumkan nama daerah baik ditingkat propinsi maupun nasional.

 

Selain itu, kata Meiliana dengan lomba hafidz Al Quran untuk 10, 20 dan 30 juz,  diharapkan dapat mengasah karakter kepribadian para peserta menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa. "Karakter yang Islami dan dihiasi dengan nilai-nilai Qurani hendaknya timbul dan menjadi kepribadian para hafidz dan hafidzah dan dapat pula berimbas pada lingkungan sekitar mereka.

 

Sehingga akan tercipta generasi yang kuat keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah dan berkembang menjadi manusia yang berguna bagi bangsa, negara dan agamanya," papar Meiliana. Untuk hadiah bagi pemenang, lanjut Meiliana panitia penyelenggara akan memberikan hadiah uang sesuai tingkatannya, yakni Rp10 juta, Rp20 juta dan Rp30 juta. (mar/sul/humasprov)  

 

 

 

 

Berita Terkait