Kalimantan Timur
Menkop Puji Koperasi Kaltim
Di Kaltim Ditargetkan 200 Unit Koperasi Berkualitas
 
BALIKPAPAN – Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan memberi apresiasi dan pujian atas perkembangan perkoperasian dan usaha kecil menengah di Provinsi Kaltim yang dari tahun ke tahun terus bertambah. 
“Saya ucapkan terima kasih dan selamat Hari Koperasi ke-66 Tingkat Provinsi Kaltim,” katanya pada peringatan Hari Koperasi ke-66 Tingkat Provinsi Kaltim di Halaman Kantor Walikota Balikpapan, Kamis (22/8).
Pada bagian lain Meneg Koperasi dan UKM Syarif Hasan mengatakan, momentum peringatan HUT Koperasi ke-66 ini sangat penting dan menjadi spirit bagi masyarakat Indonesia dalam upaya memajukan perkoperasian, bangkit menjadi suatu kekuatan perekonomian masyarakat yang tangguh dan handal serta berkualitas di tengah persaingan ekonomi global. 
Hari Koperasi ditandai dengan penyerahan penghargaan dan bantuan kepada para-pihak terkait dalam kegiatan usaha koperasi dan UMKM, serta pameran hasil-hasil usaha koperasi dan produk usaha kecil dan menengah.
Meneg Koperasi dan UKM Syarif Hasan tampak gembira menyaksikan barang dan hasil  kerajinan produk koperasi dan UMKM Kaltim yang dipamerkan. Untuk itu katanya, Pemerintah Provinsi perlu mendorong pendirian koperasi dengan membuat kebijakan dan kemudahan akses permodalan. “Semoga perkembangan koperasi dan usaha kecil menengah di Kaltim tambah maju,” harapnya.
Sementara itu informasi yang disampaikan Dinas Perindagkop dan UMKM Kaltim menyebutkan, saat ini Pemerintah mencanangkan terwujudnya Koperasi Berkualitas sebanyak 70 ribu unit dan untuk Kaltim ditargetkan 200 Unit Koperasi Berkualitas. Koperasi di provinsi ini mengalami penambahan terus-menerus. Jika di tahun 2008 terdapat 3.828 unit, maka pada 2013 ini tercatat sebanyak 5.5975 unit. Koperasi aktif 3.986 unit, tidak aktif 1.989 unit dengan anggota sebanyak 433.291 orang.
Sedangkan jumlah Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) 425.681 unit, Usaha Mikro 29.559 unit, Usaha Kecil 395.235 unit dan Usaha Menengah 887 unit. 
 Karena koperasi terbukti berperan besar, maka Pemprov Kaltim bertekad menjadikan Kaltim sebagai Provinsi Koperasi, yang diwujudkan antara lain dengan memperlancar arus distribusi bahan pokok untuk masyarakat perkotaan hingga pedalaman dan perbatasan, menyerap banyak tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran.
Untuk Kaltim, koperasi dan UMKM berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi sehingga mencapai 3,98%, inflasi dapat ditekan menjadi 3,79%, pengangguran 5,93% dan kemiskinan 6,63%. Sementara itu penyerapan tenaga kerja sebanyak 859.487 orang.    
Peringatan Hari Koperasi kemarin dihadiri Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kaltim Ir HM Sa’bani MSc, Kadis Perindagkop dan UMKM Kaltim HM Djailani, Walikota Balikpapan H Rizal Efendi dan kalangan perkoperasian se-Kaltim. (ri/hmsprov)
 
////Foto :  Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarif Hasan (ketiga dari kiri) didampingi istri, Walikota Balikpapan H Rizal Efendi dan Kadis Perindagkop Kaltim HM Djailani di lokasi pameran Hari Koperasi. (harry/humasprov kaltim).
 
Berita Terkait