Kalimantan Timur
Modal Bersama Menyongsong Kejayaan Olahraga

KONI Kaltim dan Untag Tandatangani MoU

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meyambut baik penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Universitas 17 Agustus (Untag) Samarinda bersama Komite Olahraga Nasional (KONI) Kaltim.
MoU ini merupakan momentum tepat  untuk modal dan tekad bersama menyongsong kejayaan olahraga serta mengangkat harkat dan martabat Kaltim di kancah nasional maupun internasional.
"Setelah pertemuan ini diharapkan mampu terjalin kerjasama maksimal mencari kader – kader atlet berprestasi, sekaligus mendapat kemudahan menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi untuk masa depan," kata Gubernur Awang Faroek Ishak  saat menyaksikan penandatanganan MoU antara KONI Kaltim dan Untag Samarinda, di Ruang Tepian Dua, Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (2/10).
Pada kesempatan itu gubernur juga meminta agar sejumlah kampus juga mengairahkan pembinaan terhaap atlet dari berbagai cabang olahraga, karena Kaltim pernah meraih masa kejayaan bidang olahraga nasional tingkat perguruan tinggi. Sedangkan Pemprov Kaltim akan mendukung dengan memberikan Beasiswa Kaltim Cemerlang melalui jalur khusus.
Sementara itu Ketua KONI Kaltim Kaltim,  Zuhdi Yahya mengatakan MoU ini adalah yang kali kedua, sebelumnya juga sudah dilakukan MoU dengan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Tujuannya setelah masa jaya atlet berakhir, sudah memiliki bekal pendidikan untuk menunjang  karir pada dunia kerja.
"Seorang atlet,  selain berprestasi dengan mengharumkan nama daerah tentunya juga harus didukung dengan kemampuan akademik yang baik. Ketika  kejayaan sebagai atlet berakhir, masih bisa terus eksis dalam berbagai bidang dengan modal keilmuan yang dimiliki, satunya melalui pendidikan di Perguruan Tinggi," ujarnya.
Kesepakatan tersebut,  antara lain Untag akan memberikan kemudahan  atau bagi atlet Kaltim yang berprestasi nasional, berdasarkan rekomendasi KONI Kaltim agar dapat masuk ke Untag melalui beberapa Fakultas yang tersedia di Kampus tersebut.
"Harapan kami sambil latihan dan kuliah,   atlet kita bisa berprestasi dan akan meraih masa depan cerah," ujarnya
Sementara itu Rektor Untag Eddy Soegiarto mengatakan, kegiatan ini merupakan sejarah baru bagi Untag dan sangat membanggakan, karena meskipun perguruan tinggi swasta dipercaya untuk bekerjasama khususnya peningkatan pengembangan bidang olahraga di Kaltim.
"Selama ini Untag juga sudah memberikan beasiswa kepada mahasiswanya yang berprestasi dengan membebaskan SPP selama setahun penuh," ujarnya..(sar/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mendukung kerjasama olahraga antara KONI Kaltim dan Untag Samarinda. Penandatangan kerjasama dilakukan antara Rektor Untag Samarinda Eddy Soegiarto dan itu Ketua KONI Kaltim Kaltim,  Zuhdi Yahya.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait