Kalimantan Timur
Mukmin : BLU Akan Dievaluasi Setiap 3 Bulan

Sidak Pasca Cuti Bersama Hari Natal

SAMARINDA- Sesuai hasil infeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP bersama rombongan pejabat Pemprov Kaltim ke Badan Layanan Umum (BLU) di lingkungan provinsi, maka diharapkan setiap tiga bulan sekali dilakukan evaluasi.
Tujuan dari evaluasi itu, agar mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan melalui BLU tersebut. “Karena BLU ini selalu dilakukan pengawasan, maka evaluasi dari pelayanan yang telah diberikan tentu diperlukan. Yang jelas pasti kita lakukan secara berjenjang, misal tiga bulan sekali akan kita evaluasi,” kata Mukmin Faisyal usai Sidak ke sejumlah BLU setelah masa cuti bersama memperingati Hari Natal 2013 di Samarinda, Jumat (27/12).
Meski begitu, lanjut dia, diharapkan ke depan tetap dilakukan evaluasi setiap tahun, sehingga kinerja dan pelayanan yang diberikan pegawai di BLU dapat lebih baik untuk masyarakat.
Misal, di Samsat Samarinda di Jalan M Yamin, ke depan harus memiliki lahan parkir yang presentatif atau mencukupi, sehingga kendaraan besar seperti bus atau truk bisa masuk. Apalagi yang parkir bisa mencapai 500 unit kendaraan, terutama roda dua.
“Jadi, ke depan harus dipikirkan bersama. Memang, pemerintah bisa memungut pajak dari ini, tapi pelayanan juga harus kita tingkatkan,” jelasnya.
Selain itu, Mukmin juga berpesan ketika Sidak, ke depan diharapkan untuk absensi kehadiran pegawai dapat dilakukan ketika awal masuk kerja, jangan hanya satu absen saja, yakni ketika pulang kerja.
Absensi tersebut diharapkan tidak diubah-ubah, yakni harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Bukan hanya itu, ketika sidak ke Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim, Wagub mendapatkan saran agar lembaga teknis atau SKPD teknis dapat melimpahkan perijinan ke BPPMD yang mengelola Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kaltim.
“Ini juga yang akan kita evaluasi dan rumuskan. Hasil kunjungan kita hari ini akan saya sampaikan ke Bapak Gubernur Awang Faroek Ishak, sehingga dapat menjadi masukan bersama untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada investor yang ingin menanamkan modal ke daerah. Pelayanan seperti ini juga sudah dilakukan di Balikpapan. Bahkan kantor untuk PTSP ke depan dibuat permanen, sehingga ada kemudahan-kemudahan dalam proses perijinan,” jelasnya.
Sidak dipimpin Wagub Mukmin Faisyal dimulai ke BPPMD Kaltim Jalan Basuki Rahmad, pegawai dari jumlah 46 orang, hanya 3 orang tidak hadir karena cuti.
Kemudian rombongan melanjutkan sidak ke RSUD AWS Jalan Palang Merah Indonesia, pegawai yang hadir mencapai 874 orang. Terakhir rombongan Wagub ke Samsat Samarinda di Jalan M Yamin, jumlah pegawai yang PNS sebanyak 54 dan kontrak 57, yang tidak hadir karena cuti 2 orang dan 1 sakit.(jay/hmsprov)


 

Berita Terkait