Kalimantan Timur
Mukmin : Samarinda Menuju Kota MICE


SAMARINDA – Dalam rangkaian peringatan HUT Kaltim ke-59 Tahun, Pemprov Kaltim kembali menggelar pameran bertajuk Kaltim Fair 2016 yang diselenggarakan di Convention Hall Samarinda (CHS).

Perhelatan yang melibatkan pelaku usaha dan industri UMKM di Kaltim serta BUMD/BUMN, swasta dan instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota serta instansi vertikal itu secara resmi dibuka Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, Jumat (8/4).

Menurut Mukmin, penyelenggaraan pameran atau Kaltim Fair kali ini berbeda karena memanfaatkan fasilitas representatif yang dibangun Pemprov Kaltim.

“Ini merupakan bagian pemerintah untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota MICE (meetings, incentives, conferences and exhibitions)  menuju kota tujuan investasi dan even pameran serta pertemuan tingkat tinggi,” kata Mukmin Faisyal usai membuka Kaltim Fair 2016.

Fasilitas untuk mendukung kegiatan MICE (pertemuan, insentif, konvensi dan pameran) terus dilakukan pemerintah, sehingga berbagai pihak berminat datang ke Kaltim untuk menggelar even pertemuan maupun pameran tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Diantaranya  pembangunan hotel berbintang maupun fasilitas lainnya seperti convention hall bentuk dukungan pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana untuk kegiatan MICE.

“Pemerintah mendorong berbagai pihak untuk mengambil momen dan peluang atas tersedianya fasilitas yang refresentatif untuk kegiatan MICE. Balikpapan sudah menjadi kota tujuan MICE disusul Samarinda. Diharapkan daerah lain harus terus juga berbenah,” harap Mukmin.

Sementara itu Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Jeffrey Eugene mengakui CHS menjadi salah venue terbaik di kawasan Indonesia Timur dan merupakan baku utama  untuk industri MICE.

“Kita butuh venue (CHS) seperti ini, sehingga dapat menyelenggarakan industri MICE. Gedung ini harus terus dimanfaatkan untuk kegiatan lokal hingga internasional. Tahun depan kami sudah menunjuk Samarinda sebagai tuan rumah Rakernas Asperapi,” ujar Affray Augene. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait