Kalimantan Timur
Optimalkan Layanan Informasi Melalui Media Online

Optimalkan Layanan Informasi Melalui Media Online

SAMARINDA – Optimalisasi layanan informasi melalui media online dan situs web (website) akan sangat efektif bagi aparatur pemerintah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Internet Berbasis Aplikasi Pemerintahan sebagai upaya mencapai perbaikan pelayanan publik serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan operator atau mengelola informasi di SKPD perkebunan atau yang menbidangi perkebunan kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara.

Kepala Disbun Kaltim Hj  Etnawati Usman mengatakan semakin kuatnya arus globalisasi saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang dalam mendukung pembangunan perkebunan di daerah pada masa mendatang.

Komunikasi dan informasi yang  cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan guna menunjang program pembangunan perkebunan. Pemerintah khususnya instansi teknis harus mampu memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat dengan dukungan informasi teknologi (IT).

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi hendaknya dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu dalam memberikan informasi sebagai bagian pelayanan publik,” kata Hj Etnawati Usman, Selasa (20/5).

Media website menurut Etnawati, menjadi salah satu terobosan guna mendorong percepatan reformasi birokrasi dan perbaikan citra pelayanan publik. Karenanya, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat di subsektor perkebunan.

Operator atau pengelola data di setiap SKPD teknis mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan menyajikan informasi perkebunan, sehingga potensi dan sumberdaya di daerah dapat diketahui semua pihak melalui media online itu.

Etnawati menyebutkan hingga 2014 ini baru terbangun lima website dari dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota se-Kaltim. Pelatihan itu diharapkan menjadi motivasi bagi dinas perkebunan lainnya untuk mengembangkan situs web masing-masing.

“Pengelolaan media online secara optimal akan mempermudah kami dan pengguna  khususnya masyarakat terkait kegiatan perkebunan dalam memperoleh informasi dengan cepat dan hemat waktu tanpa harus datang langsung ke daerah,” jelas Etnawati.

Ditambahkan Etnawati, Kementerian Pertanian tahun ini kembali menggelar lomba website dengan harapan semua dinas perkebunan di kabupaten dan kota yang telah memiliki situs web turut berpartipasi sekalighus berupaya meremajakan isi situs web. (yans/sul/hmsprov)

///FOTO : Etnawati

Berita Terkait