Kalimantan Timur
Optimis April Sudah Pindah

Salman Lumoindong

 

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim Salman Lumoindong  mengatakan pengerjaan pengaspalan landasan pacu (runway) Bandara APT Pranoto terus dikebut dan hanya tersisa 250 meter. Dia meyakinkan,  pertengahan Maret panjang runway 2.250 meter sudah bisa dirampungkan. "Kita sangat optimis, pengerjaan runway APT Pranoto selesai pertengahan Maret, sehingga pada April 2018 aktifitas dari Bandara Temindung bisa dipindah ke Bandara APT Pranoto Sungai Siring Samarinda," kata Salman Lumoindong, akhir pekan kemarin.  

 

Ditambahkan Salman, setelah runway selesai, pekerjaan selanjutnya adalah menimbun tanah untuk bahu runway (air strip) yang tersisa sedikit. Namun diakuinya cuaca (hujan) masih menjadi kendala, apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini Samarinda sering diguyur hujan sehingga mempengaruhi pengerjaan pengaspasalan. "Walaupun demikian, kita tetap optimis pengerjaan runway bisa diselesaikan pada pertengahan Maret mendatang, kalau bisa rampung secepatnya," ujarnya Salman.    

 

Selanjutnya Dishub mempersiapkan dilakukannya verifikasi bandara oleh tim dari Kementerian Perhubungan. Jika dinyatakan siap, APT Pranoto dipastikan akan segera lakukan declare untuk membuka penerbangan baru. Seraya menunggu penjadwalan  rute baru tersebut, maka dilakukan pula pemindahan seluruh aktifitas di Bandara Temindung ke APT Pranoto. Pemindahan, termasuk juga seluruh penerbangan yang saat ini ada di Bandara Temindung.

 

Seperti diketahui kelanjutan proyek bandara di ibukota Kaltim itu dimulai kembali pengerjaannya sejak 15 Desember 2014. Bandara ini diharapkan segera beroperasi dan diprediksi mampu menampung 5 juta penumpang dan 16 ribu ton kargo per tahun. Bandara APT Pranoto tersebut ditargetkan menjadi bandara internasional dan mengisi rute penerbangan dari Samarinda ke beberapa kota di negara ASEAN, termasuk penerbangan domestik  ke beberapa wilayah di Indonesia. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait