Kalimantan Timur
Ormas Adalah Mitra Membangun Bangsa

SAMARINDA - Organisasi masyarakat (ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kaltim harus mampu menjadi mitra kerja pemerintah dalam membangun bangsa. Ormas maupun LSM diharapkan tidak hanya mampu menyampaikan program kerja di masing-masing organisasi serta melaporkan pertanggungjawaban dana hibah.

Membangkitkan semangat tersebut, Pemprov Kaltim berupaya membina ormas dan LSM tidak hanya bisa menyampaikan laporan pertanggungjawaban tetapi mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa.

"Bagaimana caranya, ormas dan LSM diminta untuk tetap berpegang pada ideologi bangsa ini, yaitu Pancasila,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Yudha Pranoto di Kantor Kesbangpol Kaltim, Selasa (24/5).

Ormas dan LSM adalah mitra kerja pemerintah yang sangat diperlukan, agar memberikan kontrol dan  masukan kepada pemerintah. Karena itu, ormas dan LSM harus dibina dengan berbagai pelatihan dan seminar tentang penguatan ideologi bangsa, sehingga organisasi di daerah ini tidak mudah terprovokasi atau dipengaruhi berbagai ideologi yang mempengaruhi keutuhan bangsa.

Yudha mengingatkan ormas dan LSM memiliki tujuan agar mampu mencerdaskan bangsa dan melindungi setiap warga Negara Indonesia serta turut menciptakan ketertiban Negara, termasuk daerah.

“Jadi, ormas dan LSM gerakannya harus berlandaskan Pancasila. Apalagi, saat ini kita sedang dihadapkan dengan ideologi haluan kiri. Karena itu, ini harus ditertibkan. Artinya, ormas dan LSM bukan hanya dituntut untuk menyampaikan pertanggungjawaban dengan baik tetapi juga dituntut agar mampu bersama pemerintah membangun bangsa,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait