Kalimantan Timur
Pelaksanaan PAUD Dasar Cetak Anak Berkualiats

SAMARINDA - Keberhasilan peyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat berpengaruh terhadap kualitas anak di masa depan. Sebab PAUD menjadi dasar paling pokok dalam mencetak anak berkualitas.  

"Kualitas anak sangat tergantung pedidikan PAUD. Ini merupakan saat paling tepat membentuk karakter anak agar menjadi orang yang tidak hanya pandai dari segi akademis, tapi juga berkepribadian baik," kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali, Kamis (9/6)

Sebaliknya, lanjut Bere Ali   jika membentuk karakter anak maupun menanamkan nilai etika dilakukan saat jenjang pendidikan SMP dan SMA tentu sudah terlambat. Pendidikan yang didapat dari PAUD lah yang akan dibawa hingga menjalani pendidikan ke jenjang  yang lebih tinggi baik SD, SMP, SMA, maupun kuliah.

Itu sebabnya Pemprov Kaltim berkomitmen untuk memberi perhatian besar pada pengembangan PAUD yang tersebar di seluruh wilayah Kaltim, termasuk penyempurnaan  kurikulum baru yang mulai diimpelementasikan dan mengintegrasikan pengetahuan dengan sikap dan keterampilan. Targetnya mencetak anak berpengetahuan luas memiliki keterampilan memadai  dan bermoral tinggi.

"Pemprov Kaltim  menargetkan setiap satu desa harus ada minimal satu PAUD, sehingga anak bisa dapat pehatian khususnya dalam pembentukan  karakter  dan perilaku yang baik," jelasnya.

Bere Ali juga menilai pencanangan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) tepat dilakukan sejak usia dini melalui PAUD. Nilai-nilai budi luhur harus ditanamkan sejak  dini agar ke depannya mereka bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Diharapkan dengan adanya PAUD, kita  mencetak anak yang berkualitas dan berakhlak mulia yang dapat menjadi penerus pembangunan daerah, bangsa dan negara," harap Bere Ali. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation