Pelaku UKM dan Koperasi Manfaatkan Ijin Usaha Satu Hari

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak kembali mengingatkan para pelaku usaha di daerah ini, khususnya, pelaku usaha mikro kecil memengah (UMKM) dan koperasi untuk memanfaatkan pelayanan ijin usaha bisa diperoleh dalam satu hari dari kecamatan.

Menurut Awang, kewenangan penerbitan ijin yang tadinya berada di gubernur melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), sekarang kewenangan itu sudah diserahkan kepada camat.

“Kita sudah mengenal ada surat ijin satu lembar satu hari dengan waktu hanya satu jam sudah terbit dan itu menjadi kewenangan camat. Ijin itu berlaku bagi pelaku UMKM dan koperasi,” kata Awang Faroek Ishak, Senin (18/1).

Terobosan yang dilakukan pemerintah ujar gubernur, sebagai upaya untuk mendorong pengembangan kegiatan usaha ekonomi kerakyatan. Terlebih saat ini minat masyarakat menggeluti kegiatan UMKM dan koperasi terus meningkat.

Kebijakan  ini hendaknya menjadi perhatian pemerintah kabupaten dan kota untuk memotivasi para camat di wilayahnya. Utamanya, mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan cepat. Pelayanan yang baik dan cepat tentunya mampu membangkitkan gairah para pelaku UMKM dan koperasi yang ingin mengurus perijinan usaha. 

Selain itu, perlu dukungan para bupati dan walikota melalui instansi teknis, secara intensif melakukan sosialisasi agar pola kepengurusan perijinan di kecamatan tersebut diketahui masyarakat umum khususnya pelaku usaha dan koperasi.          

“Kepala daerah harus intensif melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait kewenangan perijinan yang saat ini diserahkan kepada para camat. Surat ijin yang mampu diterbitkan para Camat hanya satu lembar satu hari dan satu jam selesai,” harap Awang Faroek Ishak.

Gubernur menambahkan pengembangan kegiatan UMKM dan koperasi sangat sesuai dengan program prioritas daerah bahkan nasional. Terutama dalam upaya bersama menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.  Pengembangan kegiatan UMKM dan koperasi pun diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kaltim. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation