Kalimantan Timur
Pelantikan Walikota/Wakil Walikota Balikpapan


SAMARINDA – Balikpapan merupakan pintu gerbang Kaltim bahkan Kalimantan, karena  letaknya sangat strategis berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia dua (ALKI-II) bersama 12 provinsi di Indonesia. Pengakuan itu disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak pada Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dan Rahmad Mas’ud periode 2016-2021 di Pendopo Lamin Etam, Senin (30/5).

 

Menurut Gubernur, pemerintah di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengemukakan kalau Kaltim termasuk Balikpapan merupakan strategic hub (jaring penguat strategis) untuk kawasan Asia Timur.

“Balikpapan terletak sangat strategis bersama 12 provinsi di ALKI-II, sehingga kota minyak ini menjadi strategic hub untuk kawasan Asia Timur,” kata Awang Faroek.

Dia menjelaskan pada peringatan Hari Nusantara telah menandatangani perjanjian kesepakatan Gubernur Sulbar, Sulsel, Sulut dan Bali, NTT, NTB serta Jawa Timur untuk bekerjasama memanfaatkan ALKI-II.

Kerjasama antarprovinsi tersebut lebih difokuskan selain pada sektor pertahanan dan keamanan juga untuk peningkatan perekonomian di 12 provinsi di kawasan ALKI II.

Selain itu, banyak proyek infrastruktur yang telah terbangun di Balikpapan sebagai komitmen Pemprov Kaltim dalam mendukung pembangunan dan pengembangan daerah.

Diantaranya, pelabuhan dan kawasan industri Kariangau serta Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Berikutnya masih dalam proses pengerjaan dan penyelesaian jalan tol serta Jembatan Pulau Balang juga Stadion Balikpapan dan Islamik Centre.

Termasuk, rencana pembangunan jalan tol di atas laut berupa jembatan sepanjang 5,6 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Balikpapan.  Terlebih lagi lanjut Awang, pihak Pertamina akan meningkatkan produksinya tentu kondisi ini akan berimbas pada meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini, saya akan meresmikan pelabuhan Peti Kemas Kariangau menjadi pelabuhan ekspor ke beberapa negara di kawasan Asia Timur, Korea, Jepang dan Rusia, Taiwan dan China serta Asean,” jelasnya.

Dia berharap Walikota Rizal Effendi dan Wakil Walikota Rahmad Mas’ud benar-benar memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya serta membangun Balikpapan menjadi kota yang nyaman dihuni.  

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Walikota/Wakil Walikota Balikpapan dihadiri jajaran FKPD Kaltim serta pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Balikpapan beserta anggota DPRD dan camat, lurah serta ratusan masyarakat Balikpapan. (yans/sul/es/humasprov).

Berita Terkait