Kalimantan Timur
Pemprov Bantu Korban Banjir Muara Kaman

 

MUARA KAMAN - Duka kembali dialami warga Kaltim. Musibah kembali menimpa warga Kaltim di Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara sejak 29 Mei 2017. Hingga kedalaman air mencapai ketinggian 30 cm hingga 75cm di dalam rumah. Sedangkan ketinggian air di permukaaan tanah mencapai 50 cm bahkan 315 cm di beberapa titik.

 

Banjir berdampak terhadap 16.889 jiwa dari 4.259 kepala keluarga (KK) yang menghuni 3.576 rumah. Rumah mereka sekarang terendam banjir. Terdapat  12 desa yang terdampak bencana tersebut. Banjir diperkirakan terjadi akibat pasang tinggi Sungai Mahakam di ulu Mahakam dan hujan deras.

 

Adapun desa yang terdampak, yaitu Desa Muara Kaman Ulu, Desa Muara Kaman Ilir, Desa Teratak, Benua Puhun, Rantau Hempang, Bukit Jering, Muara Siran, Sabintulung, Puan Cepak, Tunjungan, Liang Buaya dan Desa Sedulang. Merespon bencana tersebut Pemprov Kaltim sudah turun ke lapangan melalui tim  Dinas Sosial Kaltim dengan memberikan bantuan pokok masyarakat.

 

"Alhamdulilah kita sudah bantu 73 ribu kilogram beras. Ditambah terpal 100 lembar dan matras 100 lembar serta 402 paket lauk pauk," kata Kepala Dinas Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus di Samarinda, Senin (12/6).

 

Selain itu, banjir tinggi juga melanda Kecamatan Muara Wis. Ada lima desa di kecamatan tersebut yang terdampak hingga mencapai kedalaman air 5 meter. Termasuk ada tujuh desa di Kecamatan Sebulu juga terendam hingga saat ini. Pemprov Kaltim terus memantau kondisi warga yang terdampak. Bantuan juga diberikan kepada warga Kecamatan Muara Wis dan Sebulu. (jay/sul/es/humasprov)

 

Berita Terkait