Kalimantan Timur
Pemprov dan Baznas Serahkan Zakat untuk 1.000 Mustahik

Gubernur Awang Faroek menyerahkan zakat kepada para muztahik. (SYAIFULANWAR/HUMASPROV)

SAMARINDA - Pemprov Kaltim bersama Baznas dan Lembaga Amil Zakat se-Kaltim distribusikan zakat kepada 1.000 mustahik. Gubernur Awang Faroek Ishak mengapresiasi program tersebut. Kegiatan ini akan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat muslim di Kaltim agar dengan ikhlas menunaikan kewajiban zakat, sehingga dana zakat yang terkumpul akan semakin besar dan bermanfaat bagi para penerima zakat.

"Kami bersyukur program penyaluran zakat ini bisa terlaksana dengan baik. Karena, zakat hukumnya wajib dilaksanakan. Bahkan, baru-baru ini saya menegaskan kepada seluruh ASN wajib hukumnya membayar zakat dengan persetujuan bersangkutan, gaji mereka dipotong 2,5 persen dipotong setiap bulan untuk zakat," kata Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam, Selasa (5/6). 

Pemprov terus mendukung program Baznas. Karena itu, Baznas diminta untuk kreatif dalam mengumpulkan zakat. Artinya, pembayaran zakat bukan hanya dilakukan pihak ASN tetapi juga pengusaha.

Karena itu, mulai tahun ini pelaksanaan tersebut akan diperkuat dengan Pergub. Sehingga wajib bagi siapa saja yang bekerja di Kaltim membayar zakat ke Baznas. 

"Kita tidak memaksa, tetapi kita hanya menyadarkan bahwa itu adalah kewajiban setiap umat muslim untuk melaksanakan. Sehingga wajar, jika pemerintah harus kreatif dalam mendorong aparatur pemerintahan dan pengusaha membayar zakat. Karena, dari gaji yang diterima ASN maupun pengusaha ada hak anak yatim piatu dan janda serta kaum duafa yang wajib mereka keluarkan," jelasnya. 

Ketua Baznas Kaltim Fachrul Ghazi mengatakan Baznas terus berupaya menjalankan arahan yang disampaikan pemerintah, sehingga tidak ada kaum duafa yang tak mendapatkan penyaluran zakat maupun bantuan kemanusian dari Baznas.

"Karena itu, saat ini Baznas juga telah melaksanakan program Kampung Zakat. Melalui kampung zakat ini, maka siapa saja bisa menyalurkan zakatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, pengembangan peternakan hingga pertanian di daerah," jelasnya.

Dari kegiatan tersebut juga ditandai dengan dilaksanakan penandatanganan kerja sama Baznas Kaltim dengan Forum Zakat (Foz) Kaltim disaksikan Gubernur Awang Faroek Ishak dan penyerahan bingkisan serta tali asih kepada kaum duafa.  Hadir Karo Kesra Setdaprov Kaltim H Elto dan Imam Besar Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Kaltim KH Fachruddin Wahab. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
BERITA FOTO :
BERITA FOTO :

30 Desember 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Masyarakat Diimbau Gemar Donorkan Darah
Masyarakat Diimbau Gemar Donorkan Darah

21 Oktober 2013 Jam 00:00:00
Sosial

Penanganan Masalah Sosial di Kaltim
Penanganan Masalah Sosial di Kaltim

02 Oktober 2013 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation