Kalimantan Timur
Pemprov Kaltim Dukung Pengembangan SMK

SAMARINDA – Sektor pendidikan diyakini mampu meningkatkan kualitas, daya saing bahkan taraf hidup masyarakat. Karenanya, Pemprov Kaltim merasa sangat berkepentingan untuk mendukung pembangunan dan pengembangan satuan pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK).

Menurut Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, pengembangan SMK sangat penting dan strategis dalam pembentukkan lulusan yang lebih terampil dan andal serta menguasai salah satu keahlian bidang kerja.

“Kita tetap fokus dan mendukung pengembangan SMK. Melalui satuan pendidikan ini diharapkan tercipta lulusan yang terampil dan menguasai bidang kerja,” kata Awang Faroek Ishak.

Dia menjelaskan pemerintah daerah mengajukan inisiatif revisi peraturan daerah terkait penyelenggaraan pendidikan di Kaltim. Utamanya, memuat tata aturan tentang pengembangan kegiatan sistem pembelajaran untuk tingkat atas (SMA/SMK).

 

Pemprov Kaltim sejak kepemimpinan Awang Faroek Ishak, telah menetapkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan sebagai prioritas pembangunan daerah.

Komitmen yang besar dari pemerintah daerah ini memiliki konsekuensi yang besar pula. Yakni  dukungan anggaran yang telah ditetapkan sebesar 20 persen dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Gubernur berharap komitmen yang tinggi dan dukungan yang besar itu akan terjadi percepatan dalam pengembangan sektor pendidikan terutama pembangunan SMK.

“Kita berharap lulusan SMK mampu menjawab kebutuhan pasar kerja. Karena sekolah kejuruan mampu mencetak tenaga kerja yang siap pakai karena terampil, andal dan memiliki keahlian terhadap suatu bidang kerja,” kata Awang Faroek Ishak.(yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation