Kalimantan Timur
Pemprov Kaltim Pasti Mendukung

* Usulan IMSTep di Kawasan Industri Buluminung, PPU


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mendukung usulan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) agar Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) menjadi pusat pengembangan riset dan inovasi teknologi kelautan nasional berkelas dunia. Usulan yang disampaikan adalah pendirian Indonesian Marine Science and Technology Park (IMSTeP) di Kawasan Industri Buluminung, PPU.
“Usulan tersebut sangat bagus, pasti kita akan mendukung. Saya yang menyarankan agar pusat pengembangan kelautan dibangun di PPU,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak, pekan lalu.
Menurut dia, pusat-pusat unggulan yang akan dibangun di Kaltim sangat bagus. Misal, ada unggulan di bidang perikanan, unggulan  bidang pariwisata atau unggulan di bidang pertambangan.
pemerintah pusat  memberi peluang membangun kegiatan strategis semacam ini, maka pemerintah daerah, gubernur, wali kota dan bupati harus mendukung.   
“Kalau gubernur sudah setuju, maka diharapkan bupati dan wali kota dapat mengimplementasikannya dengan memberikan dukungan, terutama dalam penyelesaian permasalahan lahan,” jelas Awang.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan, guna menyukseskan rencana tersebut diharapkan dukungan kebijakan dan payung hukum serta sinergi antarpemangku kepentingan kelautan, termasuk penguatan kerjasama nasional, regional dan internasional.
Menurut Halda, kajian IMSTeP  telah dilakukan sejak 2012 oleh Kemenristek dengan beberapa lembaga terkait untuk penentuan lokasi dari beberapa calon lokasi di Indonesia. Diantaranya Kepulauan Lombok Utara, Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan dan Kabupaten PPU. Dari hasil kajian yang telah dilakukan, termasuk terkait verifikasi lahan dan akses data kepemilikan lahan dan pengukuran kedalaman laut di wilayah tersebut, Kawasan Industri Buluminung dinilai memenuhi syarat untuk pendirian IMSTeP.  
“Mudah-mudahan dengan dukungan Gubernur Awang Faroek, rencana ini dapat terwujud,” harapnya. (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait