Kalimantan Timur
Pemprov Terus Upayakan Dana Fungsi Pendidikan

Pemprov Terus Upayakan Dana Fungsi Pendidikan

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus  berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan sejumlah program prioritas yakni peningkatan kualitas pendidikan, kualitas sarana prasarana dan beasiswa pada 2016.

"Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kaltim agar mampu bersaing dan memiliki kompetensi dalam persaingan global, Pemprov Kaltim tetap berkomitmen untuk mengalokasikan dana fungsi pendidikan sesuai  ketentuan," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

Menurutnya, alokasi dana fungsi pendidikan tidak hanya dianggarkan pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Dinas Pendidikan Kaltim, tetapi juga SKPD lainnya dengan alokasi keseluruhan mencapai Rp1,38 triliun.

            "Dana fungsi pendidikan tidak hanya pada Dinas Pendidikan. Tapi juga ada di SKPD lain yang mempunyai fungsi pendidikan. Tahun 2016 telah diusulkan anggaran mencapai Rp1,38 triliun. Anggaran itu belum mencapai 20 persen," katanya.

Awang mengatakan, formulasi 20 persen alokasi belanja fungsi pendidikan masih terus diupayakan. Pemprov berharap DPRD Kaltim dapat bersama-sama mengkonsultasikan hal ini ke Kementerian Dalam Negeri.

"Pemprov Kaltim mengharapkan komitmen bersama DPRD Kaltim untuk mencapai alokasi anggaran tersebut," katanya.

Awang menambahkan, Pemprov Kaltim akan tetap komitmen untuk memberikan beasiswa kepada 50.000 orang setiap tahunnya. Sedangkan untuk sekolah swasta juga akan tetap menjadi perhatian pemerintah. 

"Dalam program beasiswa ini, Pemprov Kaltim akan melakukan seleksi kepada mahasiswa yang mengambil program studi yang diperlukan guna percepatan pembangunan daerah serta akan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang berkualitas," katanya. (rus/sul/hmsporv)

/////Foto : Gubernur Awang Faroek bersama para pelajar. Komitmen gubernur untuk pendidikan tidak perlu diragukan lagi. (dok/humasprov)

 

 

Berita Terkait