Kalimantan Timur
Pemprov-TNI Terus Tingkatkan Kerjasama

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kaltim terus meningkatkan kerjasama dengan TNI di daerah, terutama guna menjaga kendusifitas daerah juga membangun sarana dan prasarana umum bagi masyarakat Kaltim.
“Pemprov maupun kabupaten/kota se-Kaltim dengan Kementerian Pertahanan dan TNI  pada tiga angkatan akan terus kita tingkatkan dengan lebih baik,” kata Wakil Gubernur H Mukmin Faisyal pada Serah Terima Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara di Balikpapan, Senin (23/12).
Khususnya kerjasama dengan TNI-AD melaksanakan pembangunan tiga bandara di wilayah perbatasan melalui Operasi Bhakti Kartika Jaya di Long Bawan Kabupaten Nunukan, Long Ampung di Kabupaten Malinau dan Data Dawai di Kabupaten Kutai Barat.
Menurut dia, pemerintah daerah sangat memerlukan dukungan kekuatan militer tidak terkecuali TNI Angkatan Udara yang memiliki sarana dan prasarana memadai untuk pertahanan dan keamanan wilayah.
Pembangunan yang telah dicapai serta kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat tidak terlepas dari peran TNI.  Termasuk ancaman keamanan  terganggunya kawasan perbatasan oleh pencurian kayu (illegal logging) dan pencurian ikan (illegal fishing).
Maraknya tambang liar (illegal minning) serta aksi teroris dan tindakan anarkhis lain bernuansa SARA (suku, agama, ras dan antar-golongan) seperti yang pernah terjadi di Tarakan, Balikpapan dan Kutai Barat  beberapa waktu lalu.
“Saya sangat menghargai yang telah diberikan dengan tulus oleh para anggota TNI di lingkungan tugas masing-masing. Jerih payah dan amal bhakti yang diberikan tidak saja pengabdian tetapi semoga bernilai ibadah,” ujar Mukmin.
Sertijab Danlanud Balikpapan dari Kolonel Pnb H RM Djoko Senoputro berganti kepada Kolonel Pnb  Tribowo Budi Santoso dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim dan kabupaten/kota.(yans/hmsprov)

////FOTO : H Mukmin Faisyal


 

Berita Terkait