Kalimantan Timur
Penyediaan Air Bersih Diutamakan di Kaltim

Wujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera       

              
SAMARINDA - Penyediaan air bersih sangat penting bagi masyarakat untuk  mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Tempat tinggal akan terasa  nyaman dan sehat jika tersedia air bersih, termasuk jamban dengan tangki septik dan penerangan yang memadai.   
Air sangat penting bagi kehidupan manusia. Air memiliki banyak manfaat antara lain untuk minum, memasak, mandi dan mencuci.
“Diantara kegunaan air tersebut yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum. Karena itu, untuk keperluan minum, maka air harus mempunyai persyaratan khusus agar tidak menimbulkan penyakit bagi manusia, salah satunya adalah sumber air dari daerah tersebut juga harus bersih, sehingga kesehatan masyarakat lebih terjamin,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim H Riza Indra Riadi, di Samarinda, Kamis (27/6).
Menurut dia, air merupakan kebutuhan sangat penting bagi rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. Ketersediaan dalam jumlah yang cukup terutama untuk air minum dan memasak tentu merupakan salah satu indikator kesejahteraan penduduk, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi.
Saat ini, sambung dia, jika melihat presentase masyarakat yang menggunakan air PDAM pada 2011 mencapai 23,53 persen dari jumlah penduduk Kaltim.  Namun demikian, presentase tersebut dinilai menurun dari pada tahun sebelumnya yang mencapai 29,52 persen.
“Penurunan tersebut akibat penggunaan air dari ledeng PDAM yang beralih ke air kemasan atau isi ulang. Meski begitu, masih ada penduduk yang menggunakan sumber air minum dari sungai dan air hujan,” jelasnya.
Guna mewujudkan agar seluruh masyarakat di Kaltim dapat memperoleh air bersih, maka kondisi lingkungan juga perlu dijaga, dengan cara pemeliharaan yang baik terhadap sarana yang digunakan. Misal, fasilitas rumah tangga, yakni ketersediaan jamban sendiri dan jamban dengan tangki septik. (jay/hmsprov)

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU 2018.
LENSA KALTIM MAJU 2018.

12 Januari 2015 Jam 00:00:00
Kesehatan

Trend Penyakit Bipolar Semakin Meningkat
Trend Penyakit Bipolar Semakin Meningkat

11 November 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan

BPBD Kirim 8 Dokter Bedah ke Lombok
BPBD Kirim 8 Dokter Bedah ke Lombok

15 Agustus 2018 Jam 18:56:46
Kesehatan

LENSA KALTIM MAJU 2018.
LENSA KALTIM MAJU 2018.

12 Januari 2015 Jam 00:00:00
Kesehatan

Government Public Relation