Kalimantan Timur
Peran IKAT Strategis Majukan Daerah

Peran IKAT Strategis Majukan Daerah

 

BALIKPAPAN – Warga  etnis Toraja yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) diharapkan  untuk terus berusaha meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan keterampilan sebagai modal dasar untuk memberikan andilnya dalam memajukan Kaltim.

“Seberapa pun besar atau kecilnya dan di bidang apapun garapannya, pastilah partisipasi warga etnis Toraja akan sangat berarti,” kata Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal pada Musyawarah Cabang IKAT Balikpapan di Hakaya Plaza Hotel Balikpapan, Sabtu (9/5).

Semua potensi yang dimiliki menurut dia, tentu harus digali, diolah dan dimanfaatkan bagi kemaslahatan bersama. Bukan saja untuk Kaltim, tetapi untuk bangsa dan negara Indonesia  tanpa mengesampingkan aspek-aspek kelestarian sumber daya alam.

Pembangunan di berbagai bidang terus digerakkan agar dapat berperan dalam gerak pembangunan. Peningkatan kualitas SDM warga Kaltim, ujarnya, apapun suku bangsa, bahasa, adat dan agamanya  haruslah ditingkatkan dan dikembangkan secara optimal.

Tanpa SDM yang baik tentunya menjadi beban pemerintah dan masyarakat  karena tidak akan mampu merebut setiap peluang dan kesempatan, tetapi justru tersisih di tengah persaingan kehidupan yang semakin keras dewasa ini.

Wagub juga mengajak agar anggota IKAT di Kaltim lebih membuka diri serta menjalin kemitraan dan kesejajaran untuk memperoleh kemanfaatan bersama demi mewujudkan dan mencapai  pembangunan Kaltim yang lebih baik.

Menurut Mukmin, janganlah membuat sekat-sekat atas dasar wilayah kesukuan, budaya, agama dan adat istiadat. Keragaman suku, adat, budaya dan agama warga Kaltim merupakan gambaran  keragaman dan kekayaan bangsa Indonesia yang diberikan Tuhan.

“Mari kita jalin keragaman menjadi sebuah kekuatan. Perkuat tali silaturrahmi dan  toleransi antar sesama warga agar provinsi ini dalam keadaan aman dan damai. Terhindar dari sengketa dan pertikaian bernuasa SARA maupun ancaman disintegrasi bangsa,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Wagub kembali mengingatkan warga Toraja bahwa Kaltim akan menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak khususnya di sembilan kabupaten dan kota, sehingga peranan warga Toraja sangat penting dalam ikut menyukseskan pesta demokrasi itu.

“Bagi seluruh warga Toraja agar ikut menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kaltim pada Desember nanti. Mari kita bersama-sama menjaga dan pelihara kondusifitas daerah,” ungkap Mukmin Faisyal.(yans/hmsprov)

//Foto: Wagub Mukmin Faisyal didampingi jajaran pengurus IKAT Kaltim dan Balikpapan memukul gendang tanda dibuka Muscab IKAT Balikpapan.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait