Kalimantan Timur
Peringatan Hari Perkebunan, Momentum Sejahterakan Rakyat

Wagub Hadi Mulyadi didampingi Ujang Rachmad saat memotong tumpeng peringatan Hari Perkebunan ke-61 Tahun 2018. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Hari Perkebunan merupakan momen strategis dalam upaya memacu kinerja jajaran perkebunan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada peringatan Hari Perkebunan ke-61 Tahun 2018 di Halaman Kantor Dinas Perkebunan Kaltim, Senin (10/12/2018).

Menurut dia, subsektor perkebunan terus didorong dan dikembangkan terutama kegiatan yang dilakukan langsung oleh masyarakat atau kebun-kebun plasma. "Peringatan setiap tahun ini harus menjadi energi pembangkit semangat kita dalam percepatan pembangunan perkebunan Kaltim," katanya.

Target-target pembangunan perkebunan lanjutnya, guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat sebab dari sana terbuka dan tercipta peluang usaha.

Diungkapkan Hadi, langkah ini sesuai komitmen dan target kerja pemerintah untuk bagaiamana mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran. "Saya minta Dinas Perkebunan juga asosiasi usaha perkebunan bersama pihak swasta berlandaskan spirit kebersamaan bisa bersinergi memberdayakan dan mendorong kegiatan masyarakat di subsektor perkebunan," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim H Ujang Rachmad mengemukakan peringatan Hari Perkebunan menjadi ajang evaluasi atas kinerja sektor perkebunan Kaltim. "Kegiatan perkebunan lebih memperhatikan prinsip keberlanjutan, ekonomi dan produksi, sosial dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan rakyat Kaltim," ujarnya.

Peringatan bertema Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan untuk Kaltim Berdaulat dihadiri mantan Kepala Dinas Perkebunan H Ibnu Nirwani dan Hj Etnawati serta H Maksum Abdullah Marhamah. Acara dirangkai tausiyah dan penyematan lencana serta penyerahan SK pensiun kepada tiga karyawan Disbun oleh Wagub Hadi.

Hadir Kepala Dinas Peternakan Dadang Sudarya, Ketua Gapki dan perusahaan perkebunan, dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota serta asosiasi petani perkebunan. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait