Kalimantan Timur
Perpustakaan Kaltim Kian Lengkap dan Terus Berinovasi

Perpustakaan Provinsi Kaltim banyak dikunjungi mahasiswa, pelajar, hingga anak-anak. Buku yang paling banyak diminati adalah buku ilmu sosial, ilmu terapan, fiksi (kesusastraan), ilmu bahasa, geografi dan agama

Digital iKaltim Sudah Ada 16.077 Judul Buku

SAMARINDA. Meskipun bulan Ramadan, gedung Perpustakaan  Provinsi Kaltim tak  sepi pengunjung.  Gedung representatif yang cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 1963 itu, tentu saja telah memberikan segudang ilmu dan manfaat bagi pengunjungnya.  Kita mungkin termasuk yang  pernah mengunjungi Perpustakaan Provinsi (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kaltim) yang berada di jalan Juanda nomor 4 ini.


Ruang Baca Anak-anak dengan koleksi yang lengkap dan menarik

Seperti hari ini, Sabtu (8/6) terlihat mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan anak-anak sekolah memenuhi perpustakaan yang didaulat sebagai  Pusat Keunggulan (Center of Excellent) dalam bidang pengelolaan Informasi Kebudayaan untuk Wilayah Kalimantan (Borneo) ini.  Mereka nampak tekun membaca buku pilihan masing-masing.  Tenggelam pada jendela dunia yang maha luas. Ya, dengan membaca kita bisa menjelajah ke  berbagai belahan dunia dan menimba ilmu apa saja yang kita inginkan.

Membuka pelayanan hingga malam hari, penyediaan jasa layanan perpustakaan online dan realtime  yang memungkinkan masyarakat untuk melakukan  pendaftaran anggota perpustakaan tanpa harus ke perpustakaan, penelusuran koleksi secara on-line, pemesanan buku secara on-line, pengecekan data peminjaman buku  hingga perpanjangan masa peminjaman buku hanyalah beberapa peningkatan pelayanan terhadap masyarakat oleh Perpustakaan Provinsi Kaltim yang juga bisa disebut keunggulan Perpustakaan Provinsi Kaltim dibanding perpustakaan lainnya.


Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur terus berinovasi salah satunya melalui pelayanan digital, iKaltim

Hal lainnya yang patut diacungi jempol adalah Perpustakaan Provinsi Kaltim sangat fokus dan akomodatif dalam melestarikan dan mendayagunakan  konten lokal di daerah ini. Tercatat  perpustakaan ini telah memiliki sekitar 15.000 judul konten lokal dan 500 judul di antaranya dalam format digital (e-book).

Demikian pula Pusling atau Layanan Perpustakaan Keliling dengan armada mobil sebanyak 4 unit, masing-masing dilengkapi koleksi buku sebanyak 3.000 judul, televisi, genset dan laptop siap melayani hingga ke pelosok-pelosok pada 23 titik/lokasi layanan yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara.

 
Layanan Pusling di Sungai Pinang  diserbu penggemarnya. (Foto: istimewa)

 

Selain itu, Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur terus-menerus mengembangkan inovasi agar minat baca masyarakat kian meningkat.  Tak hanya mengoleksi buku secara cetak, perpustakaan yang menjadi pionir di Kaltim ini juga telah meluncurkan aplikasi iKaltim.

Melalui iKaltim masyarakat tanpa batasan ruang dan waktu dapat mengakses ribuan judul buku secara gratis melalui komputer, laptop dan smartphone. Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pendidikan literasi bagi masyarakat dalam kerangka mewujudkan Kaltim Maju 2018,” terang Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Persiapan Kaltim Taufik, saat diwawancarai.

Perpustakaan Provinsi Kaltim beralamat di Jalan Juanda nomor 4 Samarinda, tak pernah sepi pengunjung.

 

Taufik mengatakan, aplikasi layanan perpustakaan digital Kaltim (disingkat “iKaltim”) diluncurkan pertama kali oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada 30 Juli 2016 di Samarinda. Sejak peluncuran tersebut, koleksi buku-buku dapat diakses secara online. Kini, koleksi buku di iKaltim ada 16.077 judul dan 135.171 copy.

Dengan iKaltim, warga dengan mudah mengakses buku di manapun dan kapanpun. Terutama saat Perpustakaan tutup. Sejauh ini, pengunjung iKaltim justru lebih banyak dari luar daerah. Daftar lima terbesar yang paling sering mengunjungi iKaltim adalah dari Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Bulungan dan Semarang.

“Data asal daerah dapat diketahui saat akun tersebut registrasi,” tutur dia.

Peletakan tiang pancang pembangunan gedung Perpustakaan Provinsi Kaltim di jalan Juanda Tahun 1986 (foto : istimewa)

 

 Nah, Perpustakaan Provinsi Kaltim memang bisa disebut sebagai Perpustakaan yang  lengkap dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi melalui smartphone (gadget) untuk pembacanya. Pertanyaannya, sudahkah Anda download iKaltim  untuk membuka wawasan dan ilmu pengetahuan. Caranya sangat mudah, tinggal membuka aplikasi yang ada di google play. (Yuv/Ni-Tim HumasProv)

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong