Kalimantan Timur
Pertanian Masa Depan Ekonomi Kaltim

H Hadi Mulyadi

SAMARINDA – Hingga saat ini Kaltim dengan luas wilayah melebihi satu kali Pulau Jawa memiliki berbagai keunggulan yang didukung besarnya potensi kewilayahan. Diantaranya, potensi sumber daya alam yang tidak terbarukan seperti minyak dan gas bumi (migas) serta mineral (batubara) pasca berlalunya kejayaan era kayu dan emas.

Namun demikian ujar Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, era pertambangan suatu saat nanti boleh saja berlalu namun partumbuhan ekonomi jangan sampai menurun. “Lakukan terobosan di sektor pertanian dalam arti luas dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan,” tegasnya saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Barat, Senin (5/11).

Menurut dia, kegiatan pertanian utamanyanya di subsektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan yang sangat potesial. Sebab, Kaltim didukung dengan luas lahan termasuk sungai dan danau serta kemampuan sumber daya manusia (SDM) petani, peternak dan nelayan yang andal. Karenanya, sektor pertanian dalam arti luas akan terus dikembangkan beriringan dengan kemajuan teknologi pertanian.

Selain itu, pengelolaan yang berbasis teknologi pertanian mampu menciptakan tata kelola pertanian yang modern melalui penyediaan alat mesin pertanian (alsintan). “Pertanian jadi masa depan ekonomi Kaltim. Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi para pelaku utama (petani dan nelayan) serta pengadaan sarana dan prasarananya,” katanya. (yans/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait