Kalimantan Timur
Perusahaan Harus Turut Entaskan Kemiskinan
SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan seluruh perusahaan yang beraktivitas di Kaltim harus bisa memperjuangkan hak rakyat di lingkungan perusahaan tersebut, terutama dalam mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.  Dia pun meminta agar penyaluran dana Coorporate Social Responsibility (CSR) tepat sasaran.
“PT Indominco telah menyalurkan CSR di enam desa di Kutai Timur. Namun, saya berharap itu lebih fokus dilakukan. Harus tepat sasaran.  Misalnya, berapa warga yang menerima bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), nah orang tersebutlah yang harus dientaskan kemiskinannya. Jadi, saya berharap bukan Indominco saja, seluruh perusahaan yang beraktivitas di Kaltim, harus membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan,” kata Awang Faroek Ishak usai buka puasa bersama dengan Manajemen PT Indominco di Samarinda, Sabtu (27/7).
Menurut dia, jika seluruh perusahaan dapat fokus dalam mengentaskan kemiskinan, maka diyakini tidak ada lagi warga yang miskin di Kaltim, terutama di enam desa binaan Indominco. Selama ini Program CSR PT Indominco cukup bagus, namun gubernur berpesan harus lebih fokus untuk membantu pengentasan kemiskinan.
“Jangan sampai, CSR berjalan tetapi masih ada orang miskin di daerah tersebut. Saya berharap hal itu tidak terjadi. Jadi, dari program CSR yang direalisasikan, seluruh perusahaan harus fokus terhadap pengentasan kemiskinan,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Indominco Leksono Poeranto mengatakan sangat mendukung usulan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, agar setiap perusahaan dapat fokus mengentaskan kemiskinan melalui program CSR.
“Itulah keinginan kami dan ini telah dilakukan. Kami berharap ke depan dapat terdata dengan benar, sehingga warga yang betul-betul miskin mendapatkan bantuan, harapannya dapat merubah status mereka menjadi warga yang berkecukupan,” ujarnya. (jay/hmsprov)
 
//Foto: HAK RAKYAT. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyampaikan sambutan pada acara Buka Puasa Bersama PT Indominco. (jaya/humasprov kaltim).
 
 
Berita Terkait