Kalimantan Timur
PKK Berperan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

SAMARINDA – Peningkatan wawasan dan pengetahuan masyarakat dimulai dari kegemaran dan minat baca, namun Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) melalui kader-kadernya dapat memotivasi budaya membaca dalam lingkup keluarga.
“Peran PKK dalam masyarakat sangat besar terutama dalam ikut meningkatkan minat baca masyarakat. Budaya dan kegemaran membaca ini dapat dimulai dari lingkup keluarga,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumindar saat mewakili Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti usai membuka Bimtek Pengelolaan Perpustakaan PKK se-Kaltim 2013 di Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim, Rabu (1/5).
Selain itu, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sebab, sumber daya manusia (SDM) berkualitas merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan.
Karenanya, pemerinah secara terencana dan berkelanjutan berupaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan yang menjadi syarat utama peningkatan SDM, diantaranya pengembangan perpustakaan.
Perpustakaan merupakan salah satu sarana dan pilar kokoh penunjang penyelenggaraan pendidikan  sekaligus wadah penyebaran informasi dan tempat belajar sepanjang hayat. Sehingga para kader TP-PKK diharapkan mampu memotivasi masyarakat gemar membaca.
“PKK melalui 10 programnya dan salah satunya sebagai penggerak/motivator dalam keluarga. Maka, minat baca dapat dimulai dalam lingkup keluarga selanjutnya masyarakat termasuk ketersediaan dan pengelolaan perpustakaan di setiap sekretariat PKK hingga ke tingkat desa akan mampu meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat,” jelas Sumindar.
Sementara itu Sekretaris Pokja II TP-PKK Kaltim Wendy Supriyanto mengemukakan PKK baik provinsi maupun kabupaten/kota telah berkomitmen ikut mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah yang salah satunya pengembangan perpustakaan.
“Bimbingan teknis yang diikuti kader PKK dari kabupaten dan kota diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam pengelolaan perpustakaan, sekaligus memiliki kreativitas dalam memotivasi keluarga agar gemar membaca,” ujar Wendy Supriyanto.
Bimtek pengelolaan perpustakaan diikuti 30 kader TP-PKK kabupaten/kota dan dilaksanakan selama tiga hari sejak 1-3 Mei. Kegiatan ini merupakan kerjasama Badan Perpustakaan Kaltim dengan Tim Penggerak PKK Kaltim.(yans/hmsprov)
 

Berita Terkait