Kalimantan Timur
PKK Sinergis Program dengan Pemerintah Daerah

SAMARINDA – Pengurus dan anggota Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga  di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota harus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Karenanya, diharapkan seluruh jajaran pengurus TP PKK mampu menyusun program dan kegiatan yang sinergis dengan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Saya minta jajaran pengurus PKK menyusun program yang sederhana dan sinergis dengan  program pembangunan pemerintah daerah,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada pelantikan Ketua TP-PKK di Convention Hall Samarinda, baru-baru ini.

PKK selaku mitra startegis pemerintah menurut gubernur, memiliki tanggungjawab dan kewajiban yang sama dalam menyukseskan seluruh program-program pembangunan.

Sesuai dengan pengembangan 10 program pokok PKK yang diindikasi penjabaran dari program dan garis besar kebijakan pemerintah dalam peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Diantaranya, program prioritas pembangunan daerah dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) agar lebih berkualitas dan berdaya saing. Utamanya, melalui pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan dan kesehatan.

Dalam kegiatan ini lanjutnya, PKK dapat mengoptimalkan para kader-kadernya dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota bahkan pedesaan untuk memaksimalkan kegiatan pendidikan dan kesehatan.

Maka, PKK dapat memberdayakan seluruh kader untuk mendukung pembangunan dan pengembangan sektor pendidikan melalui pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun  taman kanak-kanak (TK) serta pendidikan lanjutan lainnya.

Sementara itu, dukungan dalam pembangunan dan pengembangan  sektor kesehatan dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kinerja para kader PKK yang membidangi pelayanan di pos pelayanan terpadu (Posyandu).

“Posyandu ini ada di setiap RT maupun RW dan kegiatannya dapat dioptimalkan dengan memberdayakan seluruh kader-kader PKK. Termasuk PAUD maupun kegiatan lainnya,” harap Awang Faroek.(yans/hmsprov) 

Berita Terkait