Kalimantan Timur
PNS Adalah Pelayan Bukan Penguasa

 HUT Korpri ke-43 Tahun 2014
 

SAMARINDA–Dalam peringatan HUT Korpri ke-43 Tahun 2014, Plt Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi kembali mengingatkan sejak pegawai negeri sipil (PNS) dilantik sebagai abdi negara maka dia harus memiliki jiwa melayani bukan dilayani (penguasa).

“Aparatur yang profesional adalah PNS yang mampu menempatkan diri sebagai pelayan yang berkewajiban melayani pemerintah dan masyarakat bukan priyai (penguasa) yang harus dilayani,” kata Rusmadi usai memimpin peringatan HUT Korpri ke-43 di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Senin (1/12).

Menurut Rusmadi, secara bertahap para PNS sudah mulai melakukan perubahan paradigma kearah yang lebih baik mewujudkan aparatur yang profesional dan berintegritas tinggi dalam mengabdikan diri kepada negara dan masyarakat.

Namun demikian ujar Rusmadi, tetap perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas dan kualitas serta kompetensi diri guna tercipta aparatur yang lebih profesional, sehingga mampu melaksanakan seluruh kewajiban dengan penuh tangungjawab.

Misalnya, pada saat masyarakat memerlukan pelayanan pajak, kesehatan dan pendidikan tentu masyarakat harus diutamakan atau diprioritaskan. Termasuk tuntutan pelayanan terhadap pemenuhan kebutuhan dasar atau infrastruktur dasar lainnya maka wajib dipenuhi.

“Tuntutan masyarakat saat ini semakin komplek. Selaku abdi negara harus memberikan prioritas pelayanan kepada masyarakat baik pelayanan pendidikan, kesehatan, sandang, pangan dan papan, listrik maupun kebutuhan dasar lainnya,” ujar Rusmadi.

Selain itu, perhatian negara terhadap aparatur semakin meningkat khususnya dalam hal kesejahteraan PNS. Karenanya, peningkatan kesejahteraan ini hendaknya diikuti dengan semakin meningkatnya kinerja dan pelayanan.

“Perhatian pemerintah yang semakin baik ini wajib diiringi dengan kinerja PNS yang semakin profesional dan semangat bekerja yang lebih tinggi dalam memberikan pelayanan kepada pemerintah dan masyarakat,” harap Rusmadi.

Bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Korpri ke-43 Tahun 2014 Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi. Tampak hadir Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail dan Asisten serta Staf Ahli Gubernur Kaltim dan pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim serta jajaran Pemkot Samarinda. (yans/sul/hmsprov)

//Foto: Plt Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi menyampaikan amanat pada upacara HUT Korpri ke-43 Tahun

2014.(johan/humasprov kaltim)

Berita Terkait