Kalimantan Timur
Pusat Kerajinan Sarung Tenun Samarinda


GAMBARAN UMUM

Sarung Samarinda merupakan salah satu kerajinan tangan khas samarinda. Sarung Samarinda adalah jenis kain tradisional khas Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Alat tenun yang digunakan oleh pengrajin yaitu alat tradisional yang disebut Gedokan atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Produk yang dihasilkan untuk satu buah sarung memakan waktu hingga berminggu-minggu tergantung dari motif, harga satu sarung tenun tergantung berapa banyak motif yang di buat, semakin banyak dan besar motifnya, maka harganya akan semakin mahal. Tak heran bila harga sarung samarinda tenun ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

 

LOKASI

Pusat pembuatannya terletak disebuah perkampungan Suku Bugis, Kampung Mesjid Baqa Kecamatan Samarinda Seberang. Berada dipinggir Sungai Mahakam sebelah kiri jalan Pangeran Bendahara atau sekitar 300 meter dari Terminal Bus Sei Keledang. Dapat dicapai baik jalan darat melalui Jalan Bung Tomo atau menyeberangi Sungai Mahakam dari Pasar Pagi dengan menggunakan perahu tambangan.

 

CARA MENUJU


Untuk menuju ke Pusat Pembuatan Sarung Tenun Samarinda dapat menggunakan Transportasi darat ( Angkot ) Trayek Pasar Pagi Samarinda – mangkupalas dan berhenti di Jl. Pangeran Bendahara, dilanjutkan jalan kaki ataupun menggunakan jasa ojek menuju lokasi tidaklah terlalu jauh. Pilihan Lain dapat menggunakan Klotok /Tambangan dari Pasar Pagi – menuju Samarinda – Seberang, dan dilanjutkan dengan “Ojek”. 

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong