Rakorda PPLH 2019 seKaltim, Satukan Tekad Menuju Kaltim Bebas Sampah 2025

Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana membuka Rakorda PPLH 2019 seKaltim. (arifmurthada/humasprov kaltim)

BALIKPAPAN - Berdaulat menuju Kaltim bebas sampah adalah komitmen untuk menjaga lingkungan dengan baik,  terkhusus dalam hal pengelolaan sampah. Apalagi Pemprov Kaltim bertekad 2025 Bumi Etam sudah harus terbebas dari pencemaran sampah.

Saat mewakili Gubernur Isran Noor membuka Rapat Koordinasi (Rakorda) Pemantapan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) seKaltim 2019, Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengajak seluruh peserta rakorda untuk memikirkan bagaimana cara daerah ini mampu mewujudkan komitmen tersebut.

"Rakorda ini harus menghasilkan rekomendasi yang baik untuk disampaikan ke pemerintah pusat melalui gubernur Kaltim. Samakan persepsi untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang baik. Apalagi kita sudah bertekad 2025 Kaltim bebas dari sampah," kata Meiliana di Balikpapan, Minggu malam (17/2/2019).

Meiliana mengatakan dengan penyamaan persepsi ada poin-poin yang diharapkan dapat tercipta. Sehingga bisa disampaikan kepada  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).    

Selain itu, Meiliana juga mengajak agar masyarakat bergotong-royong membangun kesadaran dalam pengelolaan sampah dan lingkungan hidup untuk menjadi budaya di tengah masyarakat Kaltim.

rakor-PPLDH-10

"Jadi, berdaulat menuju Kaltim bebas sampah yang dibangun dalam rakorda ini bukan tema biasa. Harus kita wujudkan bersama," jelasnya.

Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim yang juga Plt Kepala DLH Kaltim H Bere Ali mengatakan rakorda bertujuan mewujudkan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota seKaltim dalam pengelolaan lingkungan hidup, terutama pengelolaan sampah.

"Rakorda diikuti 400 peserta dari perwakilan DLH seKaltim dan perangkat sektor serta pelaku usaha," jelasnya.

Sementara Walikota Balikpapan Rizal Efendi mengatakan momentum rakorda ini diharapkan dapat mendukung Pemkot Balikpapan menuju kota percontohan dalam pengelolaan lingkungan hidup, terutama pengelolaan sampah di Indonesia.

Acara juga dihadiri beberapa kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim. hadir pula Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman PUPR Prasetyo dan Subbid Pengelolaan Sampah Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 KLHK Teddy Setya Mahendra. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation