Kalimantan Timur
Ramah Tamah Gubernur dengan Perintis Kemerdekaan, Awang : Lanjutkan Perjuangan

Gubernur Awang Faroek bersama para veteran. (yuvita/humasprov)

SAMARINDA - Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI),  Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menggelar ramah-tamah dan bersilaturahmi dengan para perintis kemerdekaan dan anggota  veteran, purnawirawan, wredatama, warakawuri dan Angkatan 1945.

Awang Faroek Ishak mengatakan silaturahmi dan ramah-tamah ini sangat penting dan mengandung makna yang sangat dalam bagi semuanya dalam rangka mengenang jasa-jasa para pejuang dan para pahlawan yang rela berkorban untuk meraih kemerdekaan. Oleh karena itu semangat dan perjuangannya harus dilanjutkan.

"Kita tidak akan pernah melupakan peristiwa bersejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang telah dilakukan para pahlawan, karena sesungguhnya kondisi yang kita alami sekarang adalah hasil dari pengorbanan yang telah mereka berikan," kata Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam  Samarinda, Rabu (15/8). 

Dikatakaan, meskipun saat ini para perintis kemerdekan rata-rata sudah berumur dan sudah sepuh, namun bukan berarti para veteran tidak kuat. Fisik boleh menurun, tetapi semangat dan mental tidak boleh turun, tetap kuat dan bersemangat, khususnya dalam mengabdikan diri, bekerja dan berkarya untuk menyokong sukses pembangunan. 

"Semangat bekerja dan berkarya itu sesuai pula dengan tema HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun ini, yaitu  Kerja Kita Prestasi Bangsa. Tema ini diangkat dan diilhami oleh spirit kita sebagai tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia, yaitu penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang akan dibuka pada 18 Agustus nanti," kata Awang Faroek.

Orang nomor satu Kaltim ini berharap agar semua membangkitkan semangat dalam bekerja dan berpartisipasi dalam pembangunan di berbagai bidang, sehingga apa yang dicita-citakan dapat diwijudkan bersama.

"Bangsa dan negara kita sangat menanti setiap kerja dan karya yang kita lakukan. Sekecil apapun yang dapat diperbuat untuk bangsa dan negara, akan sangat besar artinya untuk pembangunan yang terus kita laksanakan ini. Untuk itu, mari terus kita galakkan gotong-royong, kerja sama, bahu-membahu antara yang muda dengan yang tua di semua komponen masyarakat," pinta Awang Faroek.

Dalam kesempatan tersebut Awang Faroek Ishak didampingi Asisten Perekonomian dan Administarsi Pembangunan Setdaprov Kaltim H Ichwansyah dan Ketua Veteran Kaltim M Amin Jama menyerahkan secara simbolis bantuan sosial terencana Pemprov Kaltim kepada 214 anggota veteran dan 433 janda veteran se-Kaltim. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait