Kalimantan Timur
Resmikan 4 Fasilitas Kesehatan, Faroek Datang Memberi Bukti

Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Bupati Bonigasius Belawan Geh menandatangani prasasti peresmian 4 fasilitas kesehatan di Mahulu. Gubernur juga menyerahkan bantuan makanan balita dan ibu hamil kepada warga Mahulu. (seno/humasprov)

 

UJOH BILANG - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak benar-benar membuktikan tekadnya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan, bukan hanya untuk warga perkotaan, tetapi untuk warga pedalaman dan perbatasan. Fakta ini ditunjukkan Gubernur Faroek berkunjung ke di kawasan ujung barat Kalimantan Timur, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Tidak tanggung-tanggung, Gubernur Faroek langsung meresmikan empat fasilitas kesehatan di empat kecamatan di kabupaten termuda di Kaltim tersebut.

 

Yakni, Rumah Sakit Pratama (RSP) Gerbang Sehat Mahulu Kampung Ujoh Bilang di Kecamatan Long Bagun dan RSP Nawacita Datah Dave Kecamatan Long Lunuk serta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Long Pahangai dan Puskesmas Tiong Ohang Kecamatan Long Apari.

 

Menurut Faroek, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan merupakan bagian upaya pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup dan derajat kesehatan masyarakat. "Sarana kesehatan ini merupakan fasilitas strategis dalam menjamin dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya di RSP Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Kamis (5/5).

 

Ditegaskannya, sejak awal kepemimpinan dirinya telah bertekad dan memprioritaskan membangun kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan. Selain itu, pembangunan di pedesaan harus sama dengan perkotaan terlebih untuk daerah pedalaman, tertinggal, terluar dan perbatasan seperti di Kabupaten Mahulu. Pembangunan RSP Ujoh Bilang diakuinya, merupakan salah satu dari banyak RSP yang telah dibangun Pemprov Kaltim bersinergi dengan Pemkab maupun pemerintah pusat. "Kalau ingin terbangun SDM berkualitas. Maka, bangunkan fasilitas kesehatannya, baik puskesmas ataupun rumah sakit. Negara harus hadir dan kewajiban pemerintah memberikan pelayanan terbaik bagi rakyatnya," tegas Faroek.

 

Sementara itu Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengungkapkan apresiasinya atas dukungan dan perhatian Gubernur Awang Faroek Ishak sehingga terbangun rumas sakit perintis pertama di kabupaten yang juga berbatasan dengan Sarawak, Malaysia itu. "Rumah sakit ini menjadi kebanggaan bagi kami. Ini adalah hasil bantuan keuangan Pemprov Kaltim bersinergi dengan Pemkab Mahulu guna memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ujar Bonifasius Belawan Geh.

 

Anggaran pembangunan RSP Gerbang Sehat Mahulu Ujoh Bilang hasil bankeu Pemprov Kaltim sebesar Rp25 miliar yang dibangun sejak 2016. Pengoperasian empat fasilitas kesehatan di Kabupaten Mahulu ditandai dengan ditandatanganinya prasasti peresmian oleh Gubernur Kaltim disaksikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh. Peresmian dirangkai dengan penyerahan makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil dari Dinas Kesehatan Kaltim, pembagian kartu Program Keluarga Harapan dari Dinas Sosial Kaltim serta pembacaan deklarasi Masyarakat Anti Hoax.

 

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Hj Rini Sukesi dan Wakil Bupati Mahulu Juan Jenau serta Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, jajaran FKPD Mahulu serta pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkab Mahulu. Kepala Dinas PUPR Pera Taufik Fauzi dan  Kepala Dinas Kehutanan Wahyu Widhi Heranata, Kepala Badan Pendapatan Daerah Hj Ismiati dan Kepala Dinas Sosial Budi Pranowo dan sejumlah pejabat lainnya. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait