Kalimantan Timur
RLA Ciptakan Aparatur Berjiwa Reformer

Adi Suryanto didampingi Mariman Darto menyerahkan sertifikat kelulusan pelatihan kepada peserta RLA Angkatan X Tahun 2017. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

RLA Ciptakan Aparatur Berjiwa Reformer

 

SAMARINDA - Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) yang digelar Lembaga Administrasi Negara melalui Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda merupakan upaya menciptakan aparatur yang berjiwa reformer (perubahan). 

 

Hal itu ditegaskan Kepala LAN-RI Adi Suryanto usai Talkshow dan Pelepasan Pelatihan RLA  Angkatan X Tahun 2017 di Auditorium PKP2A III LAN Samarinda, Selasa (3/10). Menurut dia, pelatihan RLA merupakan program nasional bagi aparatur negara menjadi agen-agen perubahan di jajaran birokrasi atau lembaga/instansi pemerintahan.

 

"RLA ini program nasional agar tercipta bibit-bibit unggul sebagai pemimpin perubahan di pemerintahan yang mampu melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat," katanya. Khusus pelatihan RLA Angkatan X di PKP2A III LAN mengambil tematik Akselerasi Integrasi Data Nasional guna Mewujudkan Pemerintahan yang Akuntabel dan diikuti 25 peserta. 

 

Adi berharap alumni RLA selain menjadi agen perubahan juga mampu meningkatkan sinergitas dan koordinasi lintas sektor agar permasalahan yang dihadapi akan mudah dicarikan pemecahannya. "Kelemahan kita selama ini masih ada ego sektoral. Para agen perubahan ini selain mampu melakukan inovasi dalam pelayanan publik juga bersinergi lintas sektor tidak terkecuali masalah pengelolaan data di masing-masing instansi maupun nasional," harap Adi. 

 

Sementara itu Kepala PKP2A III LAN Samarinda Mariman Darto mengemukakan para peserta RLA dari lintas sektor kementerian dan lembaga diberikan materi membangun kerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan. "Satu data untuk Indonesia sudah menjadi semangat kita dalam pelatihan ini, sehingga setelah mengikuti program nasional ini maka para alumni mampu mengikis ego sektoral sebaliknya terbangun sinergi dalam pengelolaan data," ujar Mariman Darto. 

 

Peserta pelatihan terdiri dari Kementerian Keuangan, Kemen PANRB, Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Polri, Kejaksaan, LAN dan BPKP. (yans/sul/es/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation