Kalimantan Timur
Rusmadi: Beri Penjelasan dengan Fakta dan Data

Masa Kampanye, Isu Negatif dan Kritik Bertebaran
 
SAMARINDA – Pelaksana tugas Gubernur Kaltim Dr H Rusmadi mengajak seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kaltim lebih peka memasuki masa kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim masa bhakti 2013-2018. PNS di Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta untuk tetap responsif dan tidak mudah terpancing  melakukan hal-hal yang tidak produktif  yang justru akan memicu efek negatif bagi kinerja pemerintahan.
“Dalam masa kampanye seperti sekarang ini, berbagai hal sangat mudah mencuat, khususnya  hal-hal yang kurang baik dari kinerja pemerintahan saat ini. Sebagai abdi negara, kita harus responsif untuk memberikan penjelasan sesuai fakta dan data terbaru dari hal-hal yang dipermasalahkan itu,” kata Rusmadi saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Gubernur, Senin (26/8).
Pada prinsipnya, lanjut Rusmadi, setiap perencanaan pembangunan   daerah itu akan selalu dimuarakan demi kemaslahatan seluruh rakyat. Tetapi sangat tidak mungkin pelaksanaan satu kegiatan akan berjalan mulus, tanpa rintangan. Sebab itulah, Pemprov Kaltim selalu terbuka atas saran dan kritik membangun yang memang didekasikan demi kepentingan pembangunan daerah ini.
Dia meminta agar seluruh SKPD lebih peka dan responsif memberikan penjelasan terutama terkait program-program   pembangunan yang dikritisi atau dipersoalkan. Apalagi, jika kritik oleh kelompok masyarakat, LSM dan mungkin tim-tim sukses para kandidat disampaikan tanpa dasar fakta dan data yang jelas.
“Dalam setiap diri PNS itu harus tertanam kebanggaan yang tinggi, bahwa kita menjadi bagian dari perencanaan pembangunan yang saat ini sedang kita laksanakan. Program ini kita susun bersama, kita sepakati bersama dan kita awasi bersama. Sebab itu, jika ada yang mengkritik kinerja pemerintah tanpa dasar fakta dan data, menjadi tugas kita bersama untuk secara bijaksana memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada masyarakat,” papar Rusmadi.
Rusmadi pun mengajak seluruh PNS untuk tetap solid memberikan pelayanan kepada  masyarakat dan tetap melaksanakan rutinitas kerja selama masa kampanye ini. Hal penting lain yang juga disampaikan Rusmadi, agar PNS juga berpartisipasi menjaga suasana aman dan damai di daerah ini. Hal ini penting agar proses demokrasi  berlangsung sukses dan alur penetrasi pembangunan dapat dilanjutkan tanpa gangguan keamanan yang diakibatkan oleh kekisruhan politik. (sul/hmsprov).

 

///Foto : H Rusmadi
 

Berita Terkait