Kalimantan Timur
Samsat Online Efisiensi Waktu Pembayar Pajak


DENPASAR - Kehadiran Samsat Online Nasional (Samolnas) sangat membantu efisiensi waktu masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan. Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengatakan sistem ini tidak hanya membantu efisiensi waktu, tetapi juga finansial. Sebab masyarakat Kaltim dapat melakukan prosesnya di mana saja. Bahkan bisa di Kantor Cabang BPD Kaltimtara yang tersebar di kecamatan maupun desa.

"Jadi, sistem ini memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor dan tentu efisien dalam waktu serta finansialnya. Pemerintah sangat senang dan apresiasi," kata Isran Noor usai penandatanganan Nota Kesepahaman Samsat Online Nasional (Samolnas) bersama Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta, Denpasar Bali, Kamis (15/11).

Kemudahan lain dengan adanya sistem ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM di dekat tempat tinggal mereka. Bahkan, masyarakat bisa melakukan pembayaran menggunakan SMS Banking melalui handphone android mereka. "Pemanfaatan sistem ini sangat mudah. Tentu sistem ini sangat dinantikan," ucap Isran.

Bukan hanya di seluruh wilayah Kaltim, pembayaran pajak kendaraan bermotor juga bisa dilakukan dari provinsi lain. Misal, jika masyarakat sedang bepergian ke luar Kaltim. Contoh Jakarta. Maka, wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan bermotor mereka secara online dari Jakarta.

Samsat Online Nasional telah dilaksanakan di sejumlah provinsi, antara lain Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumut, Sumsel, Sumbar, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Jabar, Bali, DIY, NTB, NTT, Kalteng, Kalbar, Kalsel, Kaltara dan Kaltim. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait