Kalimantan Timur
Sekolah Sehat Terima Penghargaan

Gubernur Awang Faroek Ishak menyerahkan piala kepada juara sekolah sehat. (syaiful/humasprov)

 

SAMARINDA - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 di Kaltim, Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak juga memberikan piala dan penghargaan kepada sekolah sehat dari berbagai jenjang pendidikan serta pembina sekolah sehat terbaik di Kaltim. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Awang Faroek Ishak berpesan agar peserta yang meraih juara diharapkan tetap mempertahankan  dan meningkatkan prestasi. "Prestasi ini tentu bukanlah tujuan utama, tetapi bagaimana mendidik dan membina peserta didik dan masyarakat sekitar untuk berprilaku hidup sehat sehari-hari," kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (4/5).

Ditambahkan, prilaku hidup sehat memang harus ditanamkan sejak dini, mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini. Karena itu, Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi program lomba sekolah sehat ini. Artinya, melalui program ini pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, termasuk dengan pendidikan hidup sehat di sekolah. "Selamat kepada sekolah yang telah menjadi juara dan pemerintah kabupaten/kota yang mampu membina dengan baik, sehingga tercipta sekolah yang sehat," jelasnya.

Faroek minta, prestasi yang diterima para juara diharapkan dapat menjadi motivasi sekolah-sekolah yang belum berhasil. Mewujudkan sekolah sehat, tentu tidak sulit, perlu adanya dukungan berbagai pihak, marakat dan pemerintah daerah. Karena itu, Awang mengajak agar masyarakat di lingkungan sekolah maupun pemerintah terus bersemangat mendorong pihak sekolah melaksanakan program sekolah sehat. "Semakin banyak program sekolah sehat dilaksanakan, maka semakin banyak SDM kita yang sehat," jelasnya.

Adapun juara sekolah sehat mulai jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA sederajat, yaitu jenjang TK/RA, juara pertama TK Negeri Pembina 1 Samarinda, juara kedua TK Kemala Balikpapan, ketiga TK Al Ikhlas Tanah Grogot. Jenjang SD/MI, juara pertama SDN 02 Tenggarong, kedua SD KPS Balikpapan, ketiga SDN 01 Sangatta Utara. Jenjang SMP/MTs, juara pertama SMP Negeri 2 Batu Sopang Paser, kedua SMP Negeri 4 Muara Badak Kukar, ketiga SMP Negeri 12 Balikpapan. Jenjang SMA sederajat, juara pertama SMA Negeri 1 Samarinda, kedua MAN Bontang dan ketiga SMA Negeri 1 PPU. Sedangkan pembina Sekolah Sehat Terbaik, yaitu pertama Kota Samarinda, kedua Kukar dan ketiga Kabupaten Paser.  (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait