Kalimantan Timur
Sekprov Kaltim Rusmadi Kukuhkan PTK Berau, Pendidikan Kunci Sukses Pembangunan

Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengukuhkan PTK di Berau. (fadjar/humasprov kaltim)

 

Sekprov Kaltim Rusmadi Kukuhkan PTK Berau, Pendidikan Kunci Sukses Pembangunan

 

TANJUNG REDEB - Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengukuhkan pendidikan dan tenaga kependidikan (PTK) Berau yang kini menjadi kewenangan Pemprov Kaltim. Sebanyak 23 PTK yang dikukuhkan. Terdiri dari kepala SMA 14 orang, kepala SMK 8 orang dan SLB 1 orang, serta pengawas sekolah empat orang. Kemudian pendidik dan tenaga kependidikan negeri dan swasta sebanyak 876 orang.

 

Rusmadi berharap pengukuhan ini akan memacu semangat para tenaga pendidikan untuk menyukseskan pembangunan sumber daya manusia di daerah ini menuju Kaltim yang lebih bermartabat. "Pendidikan itu kunci kesuksesan. Kita harus yakin itu. Setiap negara atau daerah jika tanpa adanya pengembangan pendidikan tidak ada yang bisa dibangun. Hanya dengan pendidikan yang berkualitas maka kita akan mampu mewujudkan pembangunan yang sukses untuk rakyat," kata Rusmadi di Balai Mufakat Rumah Jabatan Bupati Berau, Selasa (25/7)

 

Rusmadi meminta agar para tenaga kependidikan dan guru tidak pernah lelah untuk mencetak anak-anak yang cerdas. Guru tidak mudah putus asa membangun pendidikan. Sebab lanjut mantan guru di sejumlah SMA di Samarinda itu, di tangan dan ilmu dari para gurulah kemajuan dan masa depan generasi bangsa ditentukan. Nasib bangsa ada di tangan guru. Karena itu, guru harus ikhlas dalam mengajar dan mendidik anak didiknya. Pesan khusus lain yang disampaikan Rusmadi adalah agar penyelenggaraan pendidikan di daerah bisa dilakukan dengan lebih profesional.

 

"Wajib bagi kita, khususnya guru untuk mengajak masyarakat agar anak mereka menempuh pendidikan. Orang tuanya mungkin miskin, tapi anak jangan sampai tidak memiliki pendidikan," jelasnya. Para pendidik juga diminta untuk tidak berhenti belajar, karena setiap pendidik itu harus cerdas. Caranya dengan rajin membaca dan mengetahui bagaimana perkembangan pembangunan daerah. Para guru juga wajib mengetahui perkembangan teknologi informasi (IT)

 

"Guru wajib memanfaatkan IT untuk membangun SDM berkualitas. Termasuk dalam memanfaatkan media sosial. Agar kita bisa lebih cerdas," jelasnya. Selain itu, Rusmadi juga mengajak para guru agar bisa tetap mengikuti kemajuan informasi pembangunan daerah, serta lebih peduli sesama sebagai bentuk nyata partisipasi dalam pembangunan. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Gubernur : Selamat Hari Pramuka ke-57
Gubernur : Selamat Hari Pramuka ke-57

15 Agustus 2018 Jam 18:54:26
Pendidikan

Guru Harus Disiplin
Guru Harus Disiplin

16 November 2017 Jam 08:19:17
Pendidikan

Government Public Relation