SKOI Kaltim Kirim Atlet ke Thailand

* Kejuaraan 16th International Sport Scholl Game

 

SAMARINDA - Indonesia mengirimkan sejumlah atlet pelajar ke ajang  kompetisi 16th International Sport Scholl Game di Provinsi Lampang, Thailand pada 20-31 Agustus. Indonesia diwakili oleh atlet-atlet pelajar dari Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) Kaltim dan Sekolah Khusus Olahraga  Ragunan Jakarta.

Pelepasan 56 atlet SKOI ini dilakukan pada Kamis malam (15/8)  oleh Gbernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak dengan ditandai penyerahan bendera Merah Putih kepada Ketua Rombongan dalam hal ini adalah Asisten Bidang Kesejahteraan Sosial, H. Bere Ali.

“Saya berharap para pelajar dapat membawa harum nama Indonesia dan Kaltim pada khususnya. Mari kita kumandangkan lagu Indonesia Raya di negeri orang lain melalui prestasi olahraga,” ujar Awang Faroek memberi semangat.

Keiikutsertaan SKOI pada ajang olahraga pelajar ini adalah yang kesekian kalinya setelah tahun kompetisi ini bernama Thailand Sport School  Games. Tahun2012 Kaltim berada pada  posisi tiga dari enam negara Asean.

Gubernur berharap, para atlet dapat menjaga kesehatan dan tidak hentinya untuk berlatih. Ini mengingat jauhnya tempat pelaksanaan dan masih adanya waktu tersisa menjelang perlombaan.

Untuk mengharumkan nama Kaltim, Gubernur meminta para atlet untuk turut mempromosikan bahwa Kaltim sedang giat melakukan rehabilitasi lahan dan hutan dengan Program Kaltim Green.

“Jangan lupa untuk mempromosikan program Kaltim Green. Jika ditanya oleh Negara lain,  harus dijelaskan posisi dan letak Kaltim serta jelaskan bahkan setiap warga Kaltim wajib untuk menanam lima pohon  setiap tahunnya  atau dikenal dengan one man five tress,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H. Sigit Muryono mengatakan bahwa  target anak-anak SKOI  pada tahun ini adalah dapat mempertahankan posisi tiga besar diantara Negara peserta.

“Pada tahun ini atlet SKOI tidak saja bertanding melawan musuh dari Negara lain, namun juga bertanding antar sesama sekolah olahraga di Indonesia dalam hal ini Sekolah Olahraga Ragunan Jakarta milik Kemenpora,” ujarnya.

Untuk bertarung di kompetisi 16th International Sport Scholl Game di Provinsi Lampang, Thailand,  SKOI Kaltim diperkuat oleh 56 atlet pelajar putra dan putri yang mengikuti 12 cabang olahraga serta didampingi oleh 26 official, 12 pelatih. Rincian masing-masing cabor adalah renang 8 atlet, tenis meja 8 atlet, angkat besi 2 atlet, bersepeda 1 atlet, judo 3 atlet, tenis lapangan 8 atlet, atletik 1 atlet, taekondo 5 atlet, gulat 10 atlet, anggar 3 atlet, panahan 3 atlet, dan pencak silat 2 atlet.(yul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation